Kanal

Jika PDAM Tirta Siak Tidak Berbenah, Ini Ancaman DPRD Pekanbaru

PEKANBARU  - PDAM Tirta Siak dituntut agar bisa berbenah. Jika tidak, DPRD Pekanbaru mengancam akan menghentikan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pernyataan Modal BUMD itu.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri menilai, PDAM Tirta Siak mengalami sakit yang menahun hingga terjadi komplikasi alias masih banyak pekerjaan rumah (PR).

"Kami malah berpikir kalau masih dilakukan pernyataan modal tapi di satu sisi mereka (PDAM) tidak kunjung berbenah dan mengobati sakit hati masyarakat, saya rasa kita akan tinjau ulang," kata Azwendi, Jumat (22/10/2021).

Azwendi menegaskan, jika PDAM Tirta Siak tidak bisa menyelesaikan persoalan, maka Ranperda Pernyataan Modal PDAM Tirta Siak tidak akan diselesaikan oleh Pansus DPRD Pekanbaru.

"Bukan berarti DPRD tidak memberikan dukungan kebijakan, tapi kita minta mereka (PDAM) memberikan pemaparan yang jelas, target dan sasaran dan pernyataan modal ini untuk apa. Dan subsidi ini untuk siapa?," tegasnya.

Sebenarnya, DPRD Pekanbaru menaruh harapan besar kepada PDAM Tirta Siak agar bisa surplus atau mendapatkan keuntungan dengan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Tapi, kata politisi Demokrat itu, masih jauh dari surplus.

"Harapannya malah mereka mesti bisa surplus, seperti memberikan pelayanan yg baik kepada masyarakat sehingga masyarakat mau membayar tagihan," harapnya.

Ia juga menegaskan kepada Direktur PDAM Tirta Siak yang baru, Agung Anugrah agar bisa membenahi sistem administrasi hingga masalah kepegawaian. Menurutnya, BUMD ini dinilai tidak memberikan perhatian kesejahteraan kepada para pegawainya sehingga kinerja petugas tidak maksimal.

"Direktur PDAM yang baru ini, anda harus cerdas dan cermat. Apabila anda tidak bisa melakukan itu, Pemko Pekanbaru harus melakukan evaluasi," jelasnya. (Parlementaria)

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER