Kanal

Saya harus Jadi: Wartawati Profesional

By: Ana Leonita

Sepotong kisah. Tahun 2009 saya berstatus sebagai mahasiswi Jurusan Ekonomi di salah satu sekolah tinggi di Pekanbaru, Riau.

Saat itu, saya diajak paman saya,  yaitu Bapak Bujang Rapani, S.H., M.H. (seorang opsir Polisi Militer) untuk bergabung bersama beliau mengikuti sekolah pendidikan kursus reguler jurnalistik.

Pada masa itu beliau selaku polisi militer melihat   banyak  peluang bagi yang mendalami  ilmu di bidang pendidikan jurnalistik. Sayapun mendaftar di Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalis Center (PJC).

Nah, dikala itu saya langsung diddik oleh "Guru "Besar saya sekaligus Pendiri Pekanbaru Journalistik Center (PJC) Bapak Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H.

Dan bukan hanya sekedar materi pembelajaran saja, beliau selalu mengarahkan anak didik untuk terjun langsung ke lapangan. Dengan "memegang" erat kode etik jurnalistik.

Alhasil saya berhasil mengikuti ujian dengan baik dengan hasil yang baik. Tapi perjalanan untuk menjadi seorang wartawan harus saya pendam dulu untuk beberapa tahun dikarenakan ada beberapa faktor kehidupan yang mengharuskan saya berhenti sejenak.

Dua belas tahun berlalu. Dan alhamdulillah berkat ada nya sedikit ilmu dan kemauan saya menjadi seorang wartawati, saya berusaha mencari akun media sosial Pak Wahyudi.

Alhamdulillah hari ini (25 November, 2021) saya dipertemukan Allah dengan beliau. Rasa haru bercampur kagum melihat sosok beliau yang masih terlihat optimis dan bersemangat. Optimisme beliau membuat saya tidak ragu untuk memulai lagi awal untuk menjadi seorang wartawati.

Alhamdulillah beliau memberikan support penuh  dan memberikan motivasi motivasi luar biasa agar saya kembali memiliki jiwa jurnalistik yg sudah lama terpendam.

Beliau selalu memberikan ilmu dan berbagi pengalaman disetiap perbincangan kami. Dan yang paling saya catat di antara kalimat beliau adalah:  "Rejekimu berawal dari ujung penam".

Kalimat luar biasa inilah yang membuat saya optimis agar bisa menjadi wartawati propesional nantinya. Dan, saya harus menjadi Wartawati Propesional. Begitu tekad saya.

Dan bertepatan di Hari Guru Nasional ini, saya mewakili seluruh anak didik beliau terutama yang terlahir dari PJC mengucapkan:

Terimakasih banyak kepada Bapak guru saya Bpk Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., atas segala ilmu dan support beliau kepada kami.

Semoga beliau selalu sehat dan diberikan semangat dalam terus menggali dan berbagi ilmu kepada seluruh wartawan Indonesia. Khususnya di Provinsi Riau ini.

Hormat saya,
Ana Leonita

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER