Kanal

Khitan Massal Gratis Kampung Muallaf Dusun Waebolen

Laporan: Irawati (Maluku)

Kampung muallaf dusun waebolen yang berjarak kurang lebih 43 km dari Namlea dan jumlah jiwa keseluruhan 48 KK butuh perhatian.

"Progam kegiatan khitan massal gratis di selenggarakan dari 3 Komunitas : Jamaah Polres, Ukhria, dan Dsas Care".

Dihadiri Kepala Desa,Toko Agama dan Toko Masyarakat.Di Dusun Waebolen,.Desa Waegeren , Kecamatan Lolong Guba,Kabupaten Buru, Ahad (19/12).

Muhamad Ali Sugianto selaku Kepala Desa sangat berterima kasih dengan adanya program seperti ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu.

Beliau mengatakan bukan di Waebolen saja yang mendapatkan bantuan program seperti ini, tetapi di dusun-dusun lain juga membutuhkan perhatian lebih ,seperti Dusun Waegaba, Migodo, Kubalahin dan Waspadi.

"Dari pihak Pemerintahan dan Kemenag sendiri belum mampu menjangkau untuk perhatian lebih di pembinaan keagamaan maupun program-program sosial lainya," ungkap Sugianto.

Santunan  yang di berikan berupa  sembako 80  paket, bingkisan kurang lebih 30 paket dan Amplop untuk di serahkan pada anak yang selesai khitan.

Acara khitan di mulai pukul 10.00  oleh Mantri Muhamad Rifai Jarwanto bersama temanya satu orang sampe selesai.

Jumlah anak yang terdata sekitar 30,mereka bukan dari Waebolen saja. Sebagain dari desa tetangga. Yang hadir mengikuti khitan massal berjumlah 12 anak.

Aiman Ladaga selaku Imam di mushola mengatakan  anak yang tidak hadir mengikuti khitan massal.

" Insya Allah nanti di konfirmasikan dengan para jamaah yang datang dan akan di upayakan untuk khitan susulan," katanya.

Ketua Ukhria Irma Besan mengatakan program khitan massal sangat di apresiasi dan sangat membantu. Apalagi kalaborasi komunitas bisa bersatu untuk memberi pembinaan agama untuk umat, khususnya Muallaf.

"Saya kira umat sangat bahagia dengan sentuhan kecil seperti ini,apalagi mereka mendapatkan pembinaan islam Kaffa seperti kita," katanya.

Tokoh  adat Among Nacikit sangat berterima kasih dan bersyukur dengan adanya komunitas yang datang.  "Selain memberi bantuan dan binaan keagamaanpun semakin bertambah," ucapnya

Mujahidin Galela selaku Ketua Dsas Care menjelaskan khitan massal itu dalam islam sangat penting dan itu wajib.

"Terimakasih dan Alhamdulillah atas pelaksanaan dan kerja sama yang baik antara komunitas sehingga acara berjalan dengan lancar dan penuh hikmat," ucapnya

Dalam kegiatan progam ini Ali Nacikit selaku Toko agama  bersyukur kepada komunitas yang sudah membantu dan mendirikan program khitan masal gratis .

"Salah satu masyarakat menyampaikan kepada team Dsas Care selama ini baru pertama kali ada program khitan massal masuk di dusun Waebolen selama memeluk agama Islam," ucap masyarakat Waebolen.

"Masyarakat Waebolen sangat terbantu dan senang  dengan adanya program ini ,berharap tiap tahun ada program khitan massal gratis,"  ungkap Aty dan Murni.***

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER