Kanal

Repvblik dan Lebah Begantong Tampil di Acara Pembukaan Tour de Siak

SIAK - Grup band papan atas Repvblik dan orkes melayu Lebah Begantong akan tampil memeriahkan pembukaan event balap sepeda bertaraf internasional Tour de Siak 2022 mendatang. Pembukaan digelar 1 Desember 2022 di Lapangan Siak Bermadah di depan Istana Siak, Kecamatan Siak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa mengatakan penampilan dua grup band tersebut dijadwalkan pada malam pembukaan, sedangkan pagi harinya diisi dengan kegiatan fun bike dan parade atlet pebalap sepeda.

"Insya Allah malam pembukaan ada Repvblik dan Lebah Begantong," katanya, Senin (21/11/2022). 

Ia menambahkan, panitia juga akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembukaan Tour de Siak itu. Unsur Forkopimda Provinsi Riau juga diperkirakan hadir dengan lengkap. 

"Menpar diundang tapi belum tahu datang, semoga beliau tak ada halangan," jelasnya lagi. 

Pada event Tour de Siak kedelapan tahun ini tak hanya Pemkab Siak yang menjadi penyelenggara, tapi berkolaborasi dengan Pemprov Riau dengan sistem bagi kewenangan dan sharing budget. Rute balap sepeda kali ini diperluas melewati Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru. 

Tekad memaparkan sedikit tentang sejumlah rangkaian kegiatan TdS yang akan dilaksanakan di Kabupaten Siak mulai dari kedatangan peserta, rangkaian pembukaan hingga pelaksanaan etape kedua. 

Dalam penyelenggaraan TdS di Siak, ada beberapa tim panitia yang dibagi berdasarkan tugasnya, melibatkan semua stakeholder bidang keamanan, pengawalan, Liaison Officer (LO) dan medis. 

Peserta TdS diperkirakan datang pada Rabu 30 November dari Pekanbaru ke Siak. Tempat istirahat bagi tim peserta di Hotel Grand Mempura, Kecamatan Mempura.

Pada 1 Desember pagi, dilaksanakan pembukaan TdS dengan diisi beberapa kegiatan seperti Fun Bike dan Parade Atlet. Selanjutnya pada malam harinya akan digelar opening ceremony (upacara pembukaan), welcome dinner (makan malam bersama tim peserta dan panitia) dan ada penampilan dari grup musik orkes melayu Lebah Begantong dan Repvblik band. 

Selanjutnya pada Jumat, 2 Desember dimulai etape pertama yakni "Siak City Race" dengan rute kurang lebih 85 kilometer start di depan Istana Siak dan finish di Jalan Raja Kecik, depan RSUD Tengku Rafian. 

Berlanjut hari kedua atau etape kedua Siak-Pekanbaru menempuh jarak 130 kilometer. Start dari depan Istana Siak menuju Kota Pekanbaru melewati Jalan Lintas Timur Kabupaten Pelalawan. 

"Untuk etape ketiga yaitu " Pekanbaru City Race" dengan rute 120 kilometer, itu wewenangnya panitia provinsi. Setelah itu langsung penutupan," kata Tekad. 

Ia menjelaskan, peserta pada TdS kedelapan ini diikut oleh 13 tim terdiri dari 8 tim dalam negeri dan 5 tim dari luar negeri. 

"Yang dari mancanegara itu ada dari Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan Filiphina," katanya.***

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER