Kanal

Lebaran Lebih Awal, Muhammadiyah Pekanbaru Imbau Warganya Tunda Open House

PEKANBARU  - Warga Muhammadiyah di Tanah Air, termasuk di Kota Pekanbaru, akan melaksanakan Salat Id dan merayakan Lebaran Idulfitri pada Jumat (21/4/2024) mendatang.

Hal tersebut berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tertanggal 21 Januari 2023 yang menyatakan bahwa tanggal 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat tanggal 21 April 2023 serta tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta lebih dari 01 derajat 47' 58" atau hilal sudah wujud, dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam itu bulan berada di atas ufuk.

"Maka insyaAllah warga Muhammadiyah khususnya di Kota Pekanbaru akan melaksanakan salat Idulfitri 1444 H pada hari Jumat tanggal 21 April 2023," kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru Jabarullah, Selasa (18/4/2023).

Terkait hal itu, kata Jabarullah, PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru melalui Korp Mubaligh Muhammadiyah (KMM) dan Pimpinan Cabang serta takmir masjid Muhammadiyah se Pekanbaru telah menyiapkan lokasi-lokasi untuk pelaksanaan Salat Idulfitri.

"Kita telah menyiapkan sepuluh lokasi tempat salat Id sekaligus khatib dan imamnya, serta enam tempat penyelengaraan sholat Id yang secara organisasi bukan dibawah naungan Muhammadiyah tetapi jamaah masjid tersebut mengikuti jadwal Muhammadiyah dalam pelaksanaan Idulfitri mendatang," kata mantan Anggota DPRD Provinsi Riau itu.

"Jadi total ada 16 lokasi yang disiapkan untuk pelaksanaan sholat Id yang InsyaAllah akan digunakan pada Jumat 21 April mendatang," katanya lagi.

Ia mengatakan sebenarnya masih ada beberapa masjid dan lokasi lainnya yang akan melaksanakan Salat Id pada hari Jumat bersamaan dengan Muhammadiyah namun belum semuanya memberi laporan.

Pada kesempatan yang sama Jabarullah mengajak dan mengimbau segenap masyarakat muslim yang meyakini 1 Syawal bertepatan dengan tanggal 21 April, untuk melaksanakan salat id di tempat-tempat yang telah disediakan Muhammadiyah.

Namun demikian jika kedepan terjadi perbedaan penentuan 1 Syawal berdasarkan sidang isbat oleh pemerintah pihaknya mengingatkan untuk saling menghormati dan menghargai.

"Kita juga mengimbau umat muslim, terutama warga Muhammadiyah yang Salat Id pada Jumat 21 April untuk menunda sementara open house lebaran, atau tidak menggelar acara makan-makan demi menghargai saudara kita yang masih berpuasa," ujarnya lagi didampingi Sekretaris PDM Pekanbaru Hamdani, bendahara Abdul Rais, Koordinator majelis Tablig dan Korp Mubaligh Muhammadiyah (KKM) Harmaini dan Ketua KKM Affandi.

Berikut ini daftar Lokasi Pelaksanaan Shalat id serta Khatib dan imam Idul Fitri 1444H/2023M

1. Masjid Taqwa Muhammadiyah Pasar Pusat, Lokasi : Jln. HOS Cokroaminoto. Khatib : DR. H. Tukiman Kateni, Lc., MA. imam : Arfanuddin, S.Ag.

2. Masjid Al-Fida’ Muhammadiyah, Lokasi : Jln. KH. Ahmad Dahlan No.86 A Sukajadi Khatib : DR. Elfiandri. M. Si. imam : Sholahuddin, S.Ag.

3. Masjid Taqwa Muhammadiyah (Srikandi) Lokasi : Jln. Srikandi, Tampan. Khatib Dr Adri Riva'i MAg, imam Wildan Fata Mubarak, S.Pd. Al-Hafidz

4. Masjid Muhammadiyah Nurul Yaqin Lokasi: Jalan. Paus-Nangka Khatib : Purnawarman, S.Pd.I. imam : Nofrizon, S.Ag.

5. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tuah Madani Lokasi : SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru, Jln. Cipta Karya, Panam. Khatib : DR. Harmaini. M. Si. imam : Rafnur SE.

6. PCM Rumbi lapangan MI Muhammadiyah 1 Umbansari Ujung, Khotib: Drs Damhuri MPdI, Imam: Khairul Amri SAg

7. PCM Sukajadi  lapangan Masjid Taqwa Cik Puan (Pasar Cik Puan) Komplek Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Pekanbaru, Khatib & imam : Dian Oka Putra, M.Sy

8. Universitas Muhammadiyah Riau, Lokasi: Jalan Nangka Ujung/ Tuanku Tambusai Khatib: DR. Saidul Amin, MA, Imam:  Dr Deprizon MPdI

9. Pimpinan Ranting Muhammadiyah Labuh Baru Barat, Lokasi : Masjid Abubakar Ash Shiddiq Khatib & imam : dr. Agung Panji Widiyant, Msc. SpPk

10.  PRM Labuh Baru Timur Lapangan Masjid Al Furqaan Muhammadiyah, Khotib Dr Wismanto MPdi, Imam: Amirullah Hasan.

11. Masjid Al-Firdaus Amal Jariyah Lokasi : Jalan Teluk Leong, Rumbai Pesisir Khatib & imam: DR. Zuhri Tauhid, M.Ag

12. Masjid An-Naba’ Lokasi : Jalan. Kaharudin Nasution (Depan UIR) Khatib & imam : Muhammad Untung Surapati

11. Masjid Al-Musyawarah Lokasi : Jalan Karya, Simpang BPG, Kulim Khatib & imam : Alfin el-Fikri SSQ

12. Masjid Fastabiqul Khairat Lokasi : Jalan. Arifin Ahmad Khatib : DR. Asmuri, M.Ag imam : Ahmad Arifin Al-Hafidz

13. Masjid At-ta’awun Lokasi : Jalan Singgalang V, Jalan Bukit Barisan Ujung, Kulim Khatib : DR. Azzuhri Albajuri, SH., MH imam : Ahmad Junaidi

14. Masjid Al-Hakim Lokasi : Jalan Paus, Gg. Al-Hakim Khatib : Muhammad Himsar. M.Si.***

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER