Kanal

Banyak yang Mau Buat Rendang, Harga Daging di Pekanbaru Malah Naik Jadi Rp150 Ribu/Kg

PEKANBARU - Sehari menjelang lebaran Idulfitri 1444 hijriah, harga daging sapi di Kota Pekanbaru naik signifikan. Hari ini harga daging sapi tembus Rp150.000 per kilogram.

Pantauan  di pasar Cipta Karya Ujung, meski harga daging sapi melonjak, namun minat masyarakat untuk membeli daging masih sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya antrean pembeli.

Selain itu, penjual daging di Pasar Cipta Karya Ujung juga bertambah, dari yang biasanya hanya ada satu penjual, kini bertambah menjadi dua.

"Harga daging sapi hari ini Rp150 ribu per kilogramnya," ujar penjual daging sapi di Pasar Cipta Karya Ujung, dimuat CAKAPLAH.COM, Jumat (21/4/2023).

Ia mengatakan, kenaikan harga daging sapi sudah terjadi sejak kemarin. Kondisi seperti ini sudah lumrah menjelang hari raya.

"Biasalah mau lebaran. Harga daging sapi sudah naik dari kemarin. Ini saya juga nambah stok. Biasa cuma jual daging sapi dan tulang serta cincang, hari ini saya jual lengkap. Ada hati, paru dan lain sebagainya," cakapnya.

Ia mengakui, meski harga daging sapi mahal namun pembeli masih tetap banyak.

"Sejak pagi tadi memang sudah ramai terus. Alhamdulillah pembeli banyak meski harga lebih mahal dibandingkan hari biasanya. Kebanyakan ibu-ibu ini beli untuk masak rendang," sebutnya.

Sementara itu untuk harga daging ayam di Kota Pekanbaru memang ada kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

"Naik sikit, kemarin itu Rp23 ribu, sekarang Rp24 ribu per kilogramnya," ujar Ida, penjual ayam di Jalan Bunga Inem, Cipta Karya Ujung.

Ia mengatakan untuk tahun ini harga ayam memang tidak naik signifikan seperti tahun lalu.

"Tahun lalu naiknya lumayan tinggi, kalau sekarang tidak. Masih standar lah kenaikannya. Alhamdulillah peminat juga tetap banyak," ulasnya.

Salah seorang pembeli daging sapi di Pasar Cipta Karya Ujung Yani mengatakan jika dirinya sengaja membeli daging untuk persiapan lebaran esok hari.

"Besok kan lebaran, biasalah kan persiapan. Ini saya beli daging untuk masak rendang. Saya juga beli sedikit tulang-tulang untuk buat sup atau gulai nanti," ujar Yani.

Diakui Yani, memang ada kenaikan harga daging sapi jelang lebaran ini. Namun masyarakat juga sudah paham akan hal tersebut.

"Kan sudah biasa setiap tahunnya, pasti ada kenaikan jelang lebaran. Jadi wajarlah kalau harganya naik," pungkasnya.

 

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER