Kanal

Belum Selesai, Pagar Kawasan Gedung RCH Roboh Dihantam Air Hujan

PEKANBARU - Belum selesai dibangun pagar kawasan gedung Riau Creative Hub (RCH) di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru, Riau roboh, Senin (6/11/2023) malam.

Robohnya pagar tersebut saat Kota Pekanbaru diguyur hujan deras. Dimana pagar yang berada di sisi jalan Karyabakti tersebut diduga tidak kuat dihantam luapan air hujan di drainase dari Jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, Thomas Larfo Dimiera mengatakan, pagar gedung RCH yang roboh merupakan bagian samping bangunan tepatnya di jalan Karyabakti Pekanbaru.

"Iya roboh (pagar kawasan gedung RCH). Itu masih tanggung jawab pelaksana dan segera perbaiki," kata Thomas, Senin (6/11/2023).

Thomas mengatakan, robohnya pagar tersebut karena hujan dengan curah yang sangat lebat dan durasi singkat, yang mengakibatkan luapan air dari drainase di jalan Arifin Achmad masuk ke jalan Karyabakti dan kawasan RCH, melalui akses jalan masuk yang elevasinya lebih rendah kerena masih proses pembangunan.

"Karena topografi dari jalan Bakti ke jalan Karyabakti miring, sehingga air membentuk alur, dan menghantam serta menggerus dinding dan pondasi pagar pada sudut jalan Karyabakti. Sedangkan titik tersebut masih dalam proses penimbunan," terangnya.

"Makanya akibat gerusan dan hantaman air dari jalan Bakti itu lah mengakibatkan pagar tumbang ke arah jalan Karyabakti. Namun pelaksana bertanggung jawab untuk memperbaiki dan menyelesaikan pagar yang roboh itu," tukasnya.

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER