Kanal

Psikologi UIR Latih Siswa SD Produksi Kreativitas Handcraft

PEKANBARU - Sebagai salah satu upaya untuk membantu menumbuhkan minat berwirausaha dikalangan siswa, Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau (UIR) melakukan pelatihan kreativitas handcraft dikalangan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Kamis (5/10/2023).

Menurut Ketua Pelaksana program PKM Internal UIR, Syarifah Farradinna, S.Psi., M.A., Ph.D, minat berwirausaha yang ditumbuhkan semenjak dini merupakan salah satu jalan agar siswa dapat menentukan kariernya di masa mendatang. Pemberian stimulus berupa keterampilan dalam membuat handcraft sebagai upaya siswa menjadi lebih kreatif dan berinovasi, berani mencoba hal-hal yang baru.

“Hal ini juga mendorong siswa untuk memanfaatkan peluang dari berbagai sumber daya yang ada sehingga mereka mampu lebih kreatif dalam menciptakan usaha-usaha baru sejak dini,” ucap Syarifah Farradinna yang akrab disapa Dina.

Pemberian pelatihan handcraft untuk siswa SDN 08 Pekanbaru dipandu oleh Ibu Hafnizah, S.Pd sebagai kepala sekolah. Pelatihan ini diberikan kepada siswa putri yang sedang duduk dikelas 6. Sementara itu, narasumber dari kegiatan tersebut adalah Mardhatillah Putri, yang mana beliau sangat mahir dalam membuat kerajinan tangan khususnya aksesoris gelang, cincin, kalung dsb. Pelatihan pembuatan aksesoris handcraft.

“Kita mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan stimulus bagi siswa SDN 08 Pekanbaru untuk membuat kerajinan hasil tangan, tidak hanya untuk digunakan secara pribadi, tetapi juga membuatnya untuk kalangan orang-orang terdekat dan memulai usaha rintisan yang paling sederhana,” jelas Dina.

Ia juga menjelaskan, penanaman nilai kewirausahaan sejak dini, melalui dorongan secara psikologis merupakan salah satu bagian dari usaha menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa. Dalam kegiatan ini tidak hanya diberikan pelatihan keterampilan membuat aksesoris, tetapi juga diberikan pelatihan cara membuat presentasi dengan Canva.

“Pelatihan ini tujuannya agar siswa dapat menggunakan aplikasi untuk memudahkan mereka mengenalkan dan bahkan memasarkan hasil kerja mereka, baik itu untuk presentasi produk maupun presentasi tugas sekolah,” tambah Dina.

Kegiatan PKM Internal UIR yang digelar Fakultas Psikologi ini melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa diantaranya, Dr. Annisa Mardatillah., M.Si, Wella Jayanti., S.Psi., M.A, Mutiara Ananta, Nurhafizah Putri Andini, Alifia Charlinda dan Nabilla Tsurayya.

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER