Kanal

Zaman Serba Digital, OPD Harus Melek Teknologi


PEKANBARU - Mencegah kecurangan saat timbang truk sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru merancang sebuah sistem aplikasi.

Selain akan menerapkan sistem Sanitary Landfill, kawasan TPA Muara Fajar nantinya juga akan menerapkan sistem aplikasi digital dan kamera pengawas atau CCTV.

"Saat sekarang ini, zaman sudah serba digital. Langkah Pemko Pekanbaru menerapkan aplikasi timbangan online pada truk pengangkut sampah di TPA Muara Fajar sangat kami sambut baik," cakap anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Ruslan Tarigan, Senin (21/6/2021).

Trobosan dari DLHK Pekanbaru ini sendiri menurut politisi PDIP ini sesuai dengan slogan Kota Pekanbaru, yaitu Smart City Madani.

Tak hanya di DLHK saja, Ruslan mendorong setiap OPD yang langsung bersentuhan dengan pelayanan bisa menggunakan aplikasi online juga.

"Jadi bisa memudahkan masyarakat, kan katanya Smart City Madani, ya harus melek teknologilah," jelasnya.

Ruslan menambahkan, aktivitas pembuangan sampah di kawasan TPA Muara Fajar selama ini dinilai tidak transparan.

Pasalnya, sampah yang diangkut ternyata kadang berisikan bekas material bangunan sehingga terkesan mengelabui petugas timbangan.

"Jangan ada lagi kucing-kucingan untuk ngelabui petugas, sampah berisikan material bangunan tidak boleh diangkut," tutupnya.(Parlementaria)

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER