Selain Covid-19, Dua Sektor Ini harus Diprioritaskan di APBD Pekanbaru 2022

Senin, 11 Oktober 2021

PEKANBARU  - Banjir dan sampah masih menjadi masalah di Kota Pekanbaru saat ini. DPRD meminta dua sektor itu harus menjadi prioritas di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

"Penanganan Covid-19 itu sudah pasti nomor satu, tapi jangan fokus itu saja anggarannya. Sektor lainnya perlu tetap diprioritaskan juga," kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan, Senin (11/10/2021).

Ia mengungkap, banyak masyarakat yang mengadu dan mengeluh pemukiman mereka sering terjadi banjir.

"Termasuk anggaran banjir, jangan hanya sekadarnya saja. Untuk kondisi Kota Pekanbaru yang menjadi langganan banjir, tak cukup anggarannya Rp13 Miliar. Jadi, ya harus lebih porsinya," jelasnya.

Selain banjir, sampah juga masih menjadi masalah meskipun sudah ada pihak ketiga yang bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru. Ia menilai, pengangkutan sampah di Pekanbaru belum maksimal.

Kata dia, untuk sampah ini ada Rp42 miliar dikucurkan tahun ini. Dengan anggaran sebesar itu, dua perusahaan tersebut harusnya bisa memaksimalkan pengangkutan sampah.

"Piala Adipura kita belum dapat, itu saja indikasinya. Artinya, anggaran yang telah disiapkan untuk penanganan sampah, harus sesuai dengan hasilnya," jelasnya.(Parlementaria)