Bangun Flyover di Persimpangan Garuda Sakti, Pemko Pekanbaru Harus Lebih Aktif

Selasa, 05 Oktober 2021

PEKANBARU - Persimpangan Jalan HR Soebrantas dan Garuda Sakti setiap hari semrawut lantaran macet parah. Traffic light di kawasan itu tidak lagi berfungsi. Tak hanya itu, para pengendara yang melintas juga terlihat saling terobos road barier atau pembatas jalan.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri menilai salah satu solusi mengatasi kemacetan di lokasi tersebut adalah dengan membangun flyover. Kondisi ini mestinya sudah menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Mestinya, kata Azwendi, Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) pembangunan jalan layang. Setelah siapkan DED, nanti bisa diteruskan ke Provinsi.

"Nah untuk pelaksanaannya apakah bisa APBD provinsi atau APBN. Saya rasa kita harus lebih aktif mengambil dana dari pusat, program pemerintah pusat untuk daerah," kata Azwendi, Selasa (5/10/2021).

Pemko Pekanbaru perlu koordinasi dengan Sekdaprov. Sebab, Sekdaprov merupakan mantan pejabat di Dirjen Kementerian PU. Hal ini memungkinkan pengajuan flyover di persimpangan itu berjalan mulus.

"Jadi tinggal Pemko, Dinas PUPR, sama Bappeda membuat suatu rencana ataupun master plan. Komunikasikan kepada provinsi agar kita nanti dapat bantuan APBD ataupun APBN. Kalau dari APBD kota saya rasa tidak akan mampu, dan jalannya pun jalan nasional," paparnya. (Parlementaria)