Kisah Jurnalis Zainudin hingga Ikut Pelatihan Wartawan di PJC

Ahad, 21 November 2021

Zainudin, S.Pi

"Menjadi seorang wartawan bukanlah cita -cita saya yang sebenarnya".

Demikian disampaikan Zainudin, S.Pi (31), seorang peserta Webinar Zoom Cara Praktis Menulis Berita Di Media Online, yang di selenggarakan Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC), Hari Sabtu (20/11/2021).

Zainudin yang merupakan wartawan media cetak dan inline Indoglobe News serta berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjelaskan, awalnya ia hanya iseng - iseng mengumpulkan file -file tugas laporan praktikum di Kampus Universitas Riau, tempat ia kuliah sekitar Tahun 2014.

"Dulu pas kuliah kan sering buat laporan dan makalah, jadi karena filenya udah banyak, kepikiran, daripada dihapus, mending buat blog dan di posting di sana file -filenya," kata Zainudin.

Seiring berjalannya waktu, ia tetap terus menulis artikel - artikel di blog yang ia buat.

"Sampai sekarang masih   sering nulis di blog, apa ynag ditulis sesuai dengan apa yang ada di fikiran, idenya bisa daei kisah sehari - hari, kejadian dan peristiwa di sekitar, " tambah Zainudin.

Pernah suatu kali sekitar tahun 2019, ia diajak ayahnya untuk mengikuti acara pembagian bibit buah - buahan matoa dan kelengkeng dari salah satu dinas yang ada di Inhu, dan sempat dikira wartawan oleh perangkat pemerintahan desa, karena mengambil foto- foto dari kegiatan tersebut.

"Pas acara kepikiran, ini bagus kalau di buat tulisan di blog. Makanya saya foto - foto. Eh pas acara selesai dan saya ikut masuk ke dalam kantor desa bersama ayah serta petugaa lainnya, disaat saya duduk sendirian, di datangi sama perangkat desa. Dengan wajah serius mereka nanya, kamu wartawan ya?. Saya pun kaget, setelah saya menjelaskan jika saya bukanlah wartawan tapi anak dari bapak si A, barulah mimik wajah mereka ceria dan tertawa,"  ujar Zainudin.

Dari pengalaman itulah, kemudian ia mulai tertarik dan penasaran mengenai dunia jurnalis. Kemudian mulai belajar otodidak dari sumber internet dan YouTube. Hingga akhirnya mengenal bapak Drs. Wahyudi Panggabean, M.H.,  Direktur Utama  Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC), sekaligus pengajar mengenai dunia jurnalis di akun chanel YouTube nya.

"Ternyata nulis artikel berita jurnalistik, tidak bisa sembarangan, seperti nulis artikel di blog. Ada aturan - aturan jurnalistiknya, seperti misalnya kode etik jurnalistik dan rumus 5W + 1 H, " lanjut Zainudin.

Dengan adanya kegiatan pelatihan  jurnalistik yang diselenggarakan PJC, ia merasakan manfaatnya langsung, serta berharap bisa lebih meningkatkan ilmu dan skil keterampilan dalam bidang jurnalistik.

"Mudah - mudahan bisa bertambah pemahaman, skil dan ilmu dalam bidang jurnalis, sehingga dalam menulis dan menyampaikan peristiwa yang terjadi di sekitar dan di tengah masyarakat, tidak melanggar kode etik dan kaidah jurnalistik, " tutup Zainudin. (Zn)