Dilantik, Pengurus DPD APKASINDO Bengkayang

Selasa, 23 November 2021

By: A.M. Saragih & Agus Kusuara

BENGKAYANG: Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis dan Wakilnya, H. Samsul Rizal menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah - Assosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPD -  APKASINDO) Bengkayang di  Aula Kantor Bupati Bengkayang, Senin (22/11).

Pengurus DPD APKASINDO Bengkayang yang berjumlah 23 orang yang diketuai Yohannes dilantik Ketua DPW APKASINDO Kalimantan Barat, Indra Rustandi SM.

Tampak hadir pihak Dinas Pangan Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura, Dinas Penanaman Modal dan Kesbanglinmaspol. 

Ketua terpilih Yohannes dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda Bengkayang atas dukungan serta bantuan  dengan terselenggaranya acara ini.

"Saya juga terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu DPD APKASINDO Bengkayang," katanya.

Indra Rustandi dalam sambutannya mengatakan pelantikan pengurus DPD APKASINDO Bengkayang ini jangan hanya seremonial belaka.

"Tetapi haruslah menjadi mitra pemerintah untuk melaksanakan amanah yang di emban sesuai dengan tugas dan fungsi dan tanggung jawab setiap pengurus jangan hanya bersemangat hari ini tapi harus sampai periode lima tahun kedepan," katabya.

Bupati Bengkayang Darwis dalam sambutannya mengucaokan selamat kepada pengurus DPD APKASINDO Bengkayang priode  2021sampai pada 2027. 

Darwis mengajak pengurus DPD APKASINDO Bengkayang agar bersinergi untuk  membantu petani untuk menjadi petani yang profesional dan mandiri.

"Bukan hanya seremonial tapi aksinya bagaimana untuk membantu meningkatkan kwintitas dan  produksivitas baik itu petani mandiri baik itu petani plasma karena petani mandiri," katanya.

Di Bengkayang ini, katanya  puluhan ribu hektare  beliauj uga tambahkan kelapa sawit ini multi pungsi bisa jadi bio-diesel dan bermacam produk yang dihasilkan CPO.

"Dan jadilah bermitra dengan dinas bidang Perkebunan Pemda Bengkayang juga sedang mengatur strategi pengembangan perkebunan dan cara mengatur distribusi pupuk yang saat ini sangat mahal," tegas Bupati.

"Tapi jangan kuatir sebentar lagi kabupaten Bengkayang akan di  bangun pabrik pupuk organik yang bahan bakunya dari tandan kosong yang kerja sama dengan perusahaan Korea ini nantinya," jelas Bupati.

Bupati menyebut kerjasama ini  akan membantu petani dalam proses pemupukan kebun. Hal ini dapat membantu menstabilkan harga pupuk nantinya. 

Di akhir sambutannya Bupati Darwis menekankan agar DPD APKASINDO Bengkayang dapat bermanfaat bagi Petani mandiri dan plasma dan menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

"Saya  juga mengapresiasi DPW APKASINDO Kalimantan Barat yang sudah membentuk Sebelas DPD APKASINDO di Kalimantan Barat termasuk DPD APKASINDO Bengkayang,"  tutupnya.***