Gerakan Ok-OC Kemanusian Bagikan Naskot di Ponpes Al-Anshor

Sabtu, 04 Desember 2021

Laporan: Irawati (Maluku)

Bangunan Pondok Pesantren AL-Anshor  berdiri sejak tahun 14 februari 2004 ,di Pimpin oleh Abu Imam dam Abu Rohim Rumbara.Pengasuh berjumlah 30 orang'.

Kegiatan Jumat berkah dilaksanakan sore tadi di Pondok Pesantren AL-Anshor oleh OK - OCE Kemanusiaan dan  yang di ketuai de Ibu Ira Salam di Arbes  Jumat (03/12)

Makanan yang dibagikan  berupa Naskot (nasi kotak)sebanyak 200 Dus  untuk santri 186 orang.

Dari sekian banyak santri sebagaian ada yatim piatu 40 orang ,para muallaf dan kaum Duafa.

Beliau mengatakan berbagi makanan bukan sekali ini tapi yang sekian kalinya.

"Harapan saya dengan adanya program seperti ini agar bisa memberi contoh kepada orang yang di luaran sana untuk saling berbagi dengan sesamanya," ungkapnya.

'Ustad Laisini (31) sebagai pengasuh AL-Anshor mengatakan  sejak berdirinya ponpes, jumlah santri bertambah banyak dan progam yang dijalani selain mengaji dan tahfiz  ada juga program tentang penggemukan sapi yang di dukung oleh BI (Bank Indonesia).

"Tertinggi usia santri di ponpes ada yang umur 16 tahun,mereka datang dari berbagai macam daerah.Ada dari kota Ambon,Pulau Seram, Maluku Tenggara dan Pulau Buru," katanya.

"Sumber dana didapat dari donatur tetap tiap bulan.  Sebagian Dosen dari kampus IAIN dan beberapa rumah makan dari kotak amal(infak) serta para relawan yang sudah banyak membantu," jelasnya.

Bantuan dari Pemerintah untuk AL-Anshor mitranya dengan kementerian Agama dan Dinas sosial ,sifatnya sistem Rolling tidak setiap tahun.***

Tetapi bisa 3-5 tahun baru dapat bantuan lagi. Santri sering dapat bantuan dari luar, di kala ada acara ulang tahun dan kegiatan lain di luar.Adapun dari Pengusaha terkadang memberi bantuan berupa sembako," ujar Laisini.