Pemanfaatan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) dan Tanaman Akuaponik di Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar

Rabu, 05 Januari 2022

By: Dr. Prima Wahyu Titisari, M. Si 

Pandau Jaya merupakan salah satu desa di Kecamatan Siak Hulu Kabupatan Kampar. 

Desa ini merupakan pengembangan dari pemukiman perumahan Pandau Permai. Karena tinggal di perumahan dengan lahan terbatas, serta terbatasnya ruang terbuka hijau dan lahan untuk kegiatan budidaya tanaman maupun ikan skala perumahan. 

Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, maka diperlukan aplikasi kegiatan budidaya yang tidak membutuhkan lahan yang luas salah satunya adalah Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember). 

Kegiatan pengabdian masayarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan keterampilan kepada kelompok ibu rumah tangga di Desa Panda Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupatan Kampar tentang Budikdamber. 

Melalui kegiatan ini, ibu rumah tangga bisa lebih produktif karena hasil dari Budikdamber tidak hanya ikan tetapi juga sayur kangkung. 

Kegiatan pengabdian ini meliputi 6 tahap kegiatan yaitu (1) Penyuluhan edukasi gizi keluarga, (2) Penyuluhan pemanfaatan pekarangan rumah dengan budidaya ikan dalam ember, (3) Pelatihan budikdamber berupa perkenalan dan perakitan alat budikdamber, (4) Pelatihan budikdamber berupa penanaman bibit sayuran dan pembenihan ikan, (5) Pelatihan budikdamber berupa cara perawatan dan pemeliharaan budikdamber, dan (6) Monitoring dan evaluasi kegiatan. 

Semua tahapan kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari peserta. Peserta yang dilibatkan dalam semua tahapan kegiatan adalah ibu-ibu rumah tangga di Perumahan Pandau Permai  yang terletak di Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar berjumlah 28 peserta dengan usia yang beragam. 

Keunggulan dari teknologi budikdamber yang disampaikan oleh Dr. Prima Wahyu Titisari sebagai Ketua Tim kegiatan pengabdian adalah sangat sederhana dan hemat biaya. 

Penggunaan ember sebagai pengganti kolam akan menghemat tempat. Keunggulan lainnya adalah mudahnya pemanenan dibandingkan memanen di dalam kolam. 

Penyampaian edukasi pemanfataan lahan pekarangan rumah dengan berbudidaya di sektor pertanian maupun perikanan melalui teknik budikdamber ini penting serta baik dilakukan kepada ibu-ibu rumah tangga di Perumahan Pandau Permai mengingat kecilnya lahan yang tersisa disekitar halaman rumah namun tidak dimanfaatkan dengan maksimal. 

Kegiatan penyuluhan pemanfaatan pekarangan rumah melalui budikdamber yang dipadukan dengan menanam sayuran di atasnya dalam tempat yang sama dapat menjadi salah satu alternatif pemanfataan lahan pekarangan rumah sekaligus dapat menjadi sumber gizi keluarga. Sehingga pemenuhan gizi keluarga dapat dilakukan dengan mudah, efektif, efisien serta hemat biaya hanya dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. 

Pembiayaan kegiatan ini berasal dari Skim Pendanaan Pengbdian Masyarakat Internal Tahun Anggaran 2021 Direktorat Penelitian dan Pengbdian Masyarakat (DPM) Universitas Islam Riau Pekanbaru 

Setelah mitra mengikuti kegiatan pelatihan Budikdamber, mitra memperoleh pengetahuan dan informasi tentang pentingnya pemenuhan gizi dalam keluarga, cara pemanfaatan lahan pekarangan rumah melalui budikdamber, serta mitra dapat mempraktekkan budikdamber dengan ikan lele dan tanaman kangkung mulai merakit alat, melakukan pembenihan ikan lele dan tanaman kangkung, pemeliharaan dan panen.***