Muflihun, S.STP., M.AP: Pemimpin Masa Depan, Riau...

Senin, 04 April 2022

By: Wahyudi El Panggabean

TATAPANNYA, tenang. Penampilannya sederhana. Sesekali senyum menghiasi wajahnya yang teduh. Berbicara pelan & terarah.

Itulah kesan pertama bertemu: Muflihun, S.STP., M.AP. Pria kelahiran Pekanbaru, 22 Februari 1978 ini, kini memegang amanah sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Riau.

Meski disibuki jadwal superketat, tampaknya urusan dengan Wartawan tetap diprioritaskannya.

"Terus terang, bagi rekan pers, memang selalu saya utamakan," kata Muflihun mengawali perbincangan dengan forumkerakyatan.com di ruang kerjanya, Kamis (29/3).

Pukul 15.35. WIB Sore  itu. Suasana di luar Gedung DPRD Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru, lagi gaduh. Massa mahasiswa sedang berdemo.

"Sebenarnya, saya lagi hearing dengan Komisi I. Tetapi, karena sudah janji saya harus komit. Saya izin bentar untuk nemui Pak Wartawan," seloroh Muflihun, yang akrab dipanggil Bang Uun.

Bagi pria berpostur tinggi langsing ini, pers merupakan profesi mulya & istimewa. "Makanya, saya selalu mengutamakan urusan para jurnalis," katanya.

Wajar saja, saat berurusan dengan Bang Uun, para "Rekan Pers" nyaris tanpa birokrasi. "Saya beri kebebasan. Tetapi, tetap punya etiket, donk," katanya, tertawa.

Tampaknya, bagi Bang Uun, sikap.dan prilaku memang benar-benar dijaga. "Jangan sampai ada yang tersinggung dengan kita. Saya menjaga betul," ujar Bang Uun, serius.

Berbicara soal kondisi Riau, Bang Uun merasa sangat optimistis kemajuan Bumi Melayu di bawah kepemimpinan Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, M.Si, saat ini.

"Pak Gubernur, pemimpin visioner dan sederhana.  Selain sebagai pemimpin yang arif , beliau juga menjadi orang tua bagi kita," kata Bang Uun.

Untuk prospek kariernya ke depan, Bang Uun kelihatannya, enggan berkomentar banyak. "Bagi saya jabatan merupakan amanah," ungkapnya.

"Jabatan sebagai Sekwan DPRD Riau sekarang merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada saya," tutur Bang Uun.

Untuk itu, jelas Bang Uun setiap amanah dan kepercayaan mesti dijaga dan dipertanggung jawabkan. "Bukan saja kepada atasan. Tetapi, terutama  kepada Allah," kata Bang Uun.

Loyalitas, kepada atasan menurut Bang Uun menjadi hal prioritas bagi seorang Birokrat Sejati.
"Bagi saya sebagai Sekwan, tentu harus menjaga amanah yang dipercayakan Pak Gubernur," ungkapnya.

Lantas, sebagai seorang Abdi Negara serta Pelayan Masyarakat, Bang Uun menekankan pentingnya pelayanan prima pada publik.

"Saya kira loyalitas pada atasan plus pelayanan pada publik. Di dua hal dasar inilah penentu kesuksesan seorang birokrat sejati," tegas Bang Uun.

Wajar di usia yang relatif belia, Bang Uun sudah mapan di birokrasi. Telah melewati pengalaman tugas dan berbagai jabatan di pemerintahan.

Sekarang mari kita telusuri, riwayat pendidikan  Bang Uun secara lengkap.

Di usianya ke 42 Bang Uun yang lulusan STPDN ini malah sudah dilantik (15 Juni 2020)  Gubernur Riau,  Syamsuar, sebagai Pejabat Tinggi Pratama Eselon IIA Sekretaris DPRD Riau. Karier yang luar biasa.

Memang benar kata Psikolog Dunia: "Kesuksesan seseorang sangat ditentukan sikap orang yang bersangkutan".

Hal ini terlihat dari penilaian para  rekannya sesama ASN, Bang Uun adalah sosok pria loyalis pada para sahabatnya.

Bang Uun dinilai berhasil menjaga pertemanan. Pandai menjaga hubungan sesama teman. Baik sesama teman di kantor. Maupun di luar kantor.

‘’Bagi saya Bang Uun itu orangnya mudah bergaul dengan semua orang. Saya sendiri kenal dengan beliau semasa saya masih jadi aktivis di kampus," kata Muhammad Abduh, S.H..

Abduh menilai Bang Uun merupakan sosok yang tepat sebagai Pemimpin Riau di  Masa Depan.

"Sepanjang Bang Uun bisa menjaga sikap, saya yakin kelak,  beliau bakal jadi Pemimpin Riau," kata Alumni Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) itu.

Muflihun, merupakan Alumni  Sekolah Menengah Atas di (SMA)Negeri 1 Pekanbaru,  Angkatan 1996.

Para guru di Sekolah Pavorit itu, menyebutkan Bang Uun, sosok yang selalu  menjaga kekompakan.  Baik dalam berteman maupun dalam  bersosialisasi.

Kemudian, Bang Uun memulai karirnya sebagai pegawai negeri sipil usai menamatkan pendidikan STPDN.

Ia berkhidmat di Kabupaten Kuantan Singingi sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Kuantan Mudik Lubuk Jambi.

Di Kabupaten Kuansing ini, dia menceritakan tidak memiliki apa-apa. Namun dia tetap gigih menjalankan pekerjaan tanpa mengeluh sedikitpun.

"Kalau sudah rezeki kita itu tidak ke mana-mana. Saya di Kuansing itu tidak memiliki apa-apa. Sangat sedih rasanya kalau diingat-ingat. Tapi saya tetap semangat dan bekerja keras,’’ ungkapnya.

Namanya pegawai negeri sipil atau sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap bekerja dan ditempatkan dimana saja.

Dari Kabupaten Kuansing, Muf lihun pindah tugas ke Kabupaten Pelalawan. Di Kabupaten Pela lawan dia masuk dalam sekretariat pemerintah yaitu Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Otonomi Daerah. Hingga Akhirnya dia sampai ke Pemerintahan Kota Pekanbaru.

Tiba di ibu kota Provinsi Riau, Uun pertama kali ditempatkan sebagai Kasubbag Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru. Hingga menjadi Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Pemuda dan Olahraga.

Jebolan STPDN dikenal dengan sikap Pamong Praja-nya. Atas dasar itu, di Kota Pekanbaru inilah Bang Uun beberapa kali dipercaya Walikota Pekanbaru memimpin Wilayah Kecamatan.

Dimulai dari Sekretaris Kecamatan Senapelan hingga menjadi Camat Sail dan Camat Kecamatan Sukajadi.

Setelah sekian lama berkarir di tingkat Kota Pekanbaru, tahun 2013 Bang Uun memulai karirnya di Pemerintahan Provinsi Riau.

"Saat itu saya diamanahi jabatan Kepala Bagian Hukum dan Persidangan Sekretariat DPRD Riau," ujarnya, mengenang.

Jabatan ini disandangnya sekitar tujuh tahun.  Hingga pada akhirnya Bang Uun mengikuti assessment sebagai Sekretaris DPRD Riau.

"Bagi saya hidup ini bagai air mengalir. Kita harus tetap mengalir: Berbuat & bermanfaat," katanya.

BIODATA
Nama lengkap : Muflihun, S. STP,. MAP
Nama panggilan : Uun
Tempat/Tgl. Lahir : Pekanbaru, 22 Februari 1978
Alamat : Jalan Sakuntala, Harapan Raya Pekanbaru
Hobi : Berkawan
Istri : R. Rilla
Anak : Dua orang

SEKOLAH

SD Negeri 001 Rintis Pekanbaru /SD Teladan
SMP Negeri 4 Pekanbaru
SMA Negeri 1 Pekanbaru
Kuliah STPDN Jatinangor

PEKERJAAN

1. Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuantan Mudik.
2. Kasubbag Otda  Kabupaten Pelalawan
3. Kasubag Perangkat Daerah  Kota Pekanbaru
4. Sekretaris Camat Senapelan Kota Pekanbaru
5. Camat Sail Kota Pekanbaru
6. Camat Sukajadi Kota Pekanbaru
7. Kabid Pemuda & Olahraga Dispora Pekanbaru
8. Camat Sukajadi Kota Pekanbaru
9. Kabag Persidangan & Hukum Setwan DPRD Riau
10. Sekretaris DPRD Riau***