Siswa MAN 2 Pekanbaru Diingatkan Tak Lupa Jasa Pahlawan

Kamis, 10 November 2022

Pekanbaru - Upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru, Kamis pagi berjalan lancar dan penuh hikmat.

Upacara yang dilaksanakan di lapangan sekolah jalan Diponegoro, Pekanbaru tersebut diikuti oleh seluruh siswa madrasah, kepala MAN 2 Ghafardi SAg MPdI, kepala Tata Usaha, wakil kepala sekolah, guru-guru dan pegawai di lingkungan madrasah.

Hadir di tengah peserta upacara Dr H Rialis MPd, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru yang didaulat menjadi pembina upacara.

Membacakan Amanat Menteri Sosial RI, Dr Rialis mengingatkan masyarakat Indonesia, termasuk para siswa dan generasi muda untuk tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya demi merebut kemerdekaan.

"Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya," kata Rialis mengutip amanat Mensos RI.

Ia juga mengatakan, para Pejuang Kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para Pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung Revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan.

Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Rialis pada kesempatan itu juga berpesan kepada siswa-siswa MAN 2 Pekanbaru untuk terus tekun belajar dan meraih prestasi terbaiknya. "Anak-anak kami jangan lupa dengan sejarah. Caranya adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apa yang telah saya perbuat untuk mempertahankan kemerdekaan ini. Oleh sebab itu marilah kita berbuat yang terbaik bagi negara, bangsa dan sekolah. Raihlah prestasi namun tetap menerapkan prinsip-prinsip kejujuran," pesannya.

Pada kesempatan itu Rialis juga mengapresiasi seluruh petugas yang terlibat dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 tersebut. Apalagi, pada kesempatan itu beberapa siswa membacakan pesan-pesan pahlawan yang masih relevan diterapkan pada hari ini.***