Kerja Bakti, Demi Kelestarian Sungai Menganti

Senin, 12 Desember 2022

Laporan: Jogor Simbolon (Jawa Tengah)

BANYUMAS: Bakti bukanlah cuma omongan belaka. Tetapi,  institusi TNI-Polri dan beberapa Omas, juga pihak  Pemdes dan masyarakat Rawalo sudah membuktikan kerja bakti-nyata.

Kerja bakti dan gotongroyong di DAS Sungai Menganti. Terlihat kebersamaan yang luar biasa dari kegiatan kemanusiaan ini.

Dari institusi TNI, Kapten Sentot sebagai Danramil 16/Rawalo, langsung turun kerja bakti  mengomandoi anggotanya: Kasban, Mahmud, Ramdani, Muslim, Karsin, Teguh, Imam, Muit dan Herlan (Babinsa).

Dari institusi  Polri  AKP. Embar, Kapolsek Rawalo, menurunkan  beberapa anggotanya:  Aiptu. Munandir, Aiptu. Slamet Subarjo, Aipda. Sugeng, Bripka. Nurcahono, Bripka. Ahmad.

Juga dari Ormas: Pemuda Pancasila (PP) antara lain: Alex,Teibun, Mandor Esum,Triyono, Bung Marsum, Sugeng Rianto, Anto,  Dino, Sarman, Bambangbudi, Sartono,Siti Aminah, Lancar, Ekosaputro, Catit, Ekowaluyo, Catur,s. Saepul dan Waaluyo.

Dari, Forum Relawan Lintas Organisasi (Fortasi)  juga ikut berbakti, antara lain: Eddy Wahono, (Pembina), Jadmiko (Ketua) Salimin, Baskoro, Fahmi, Seno, Jana, Rakum, Slamat Wijaya, Martin.

Juga dari Pemerintah Desa (Pemdes) Menganti, juga ikut serta. Mereka  antara lain: Nislam (Sekdes), Waris Rumboko (Kadus 1), Frayitno (Kadus 2).

Dari  Karang Taruna juga ikut  kerja bakti: Maulana Syarif, Didik, dan warga RT-001 pastinya dipimpin Ketua  RT-nya, AA. Sudiyono serta Taufik Anwar Hasibuan, SH, pemerhati peduli sosial warga Menganti.

Dari kalangan Pers, turut hadir Jogor Simbolon, Kepala Perwakilan (Jawa Tengah), Media Berita On-Line ForumKerakyatan.Com.

Terlihat juga warga lainnya:  Agus Susilo, Husein, Harno, Sukirno, Rasito, Rakam, Aslam, Rito, Timbul, Warsim,Tarsono, Sridianto.

Mereka ini semua menyatu di hari Ahad (11 Desember 2022) melakukan kerja bakti dengan serius. Tanpa kenal lelah.

Tidak perduli berlumuran lumpur dan  kuyub basah semu badan. "Yang penting kita  membersihkan pinggiran Sungai Menganti serta  puing-puing sampah yang tersangkut di pinggiran sungai," kata Danramil Rawalo, Kapten Sentot.

"Kita harus mengantisipasi agar tidak terjadi lagi longsor susulan," kata Danramil.

Warga juga menyedian makan dan minum untuk yang ikut kerja bakti.  Masyarakat berharap kedepan perhatian dari Pemkab. Banyumas juga DPRD Banyumas  buat masyarakat makin ditingkatkan.

"Mohon diperhatikan kesejahteraan  warga masyarakat. Yang merupakan  impian kita semua.  Seperti diamanahi UUD 45 dan Pancasila," kata seorang warga.***