Gubri: PT PHR akan Buka Peluang Beasiswa ke Amerika untuk Anak Riau

Selasa, 27 Desember 2022

PEKANBARU - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan membuka peluang beasiswa bagi putra-putri Provinsi Riau untuk kuliah di Amerika Serikat.

"Saya baru bertemu dengan salah satu Direktur PT PHR, dia menyampaikan ke saya bahwa ada diberikan kesempatan kepada anak-anak Riau untuk belajar ke Amerika," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Selasa (27/12/2022).

Karena itu, Gubri meminta agar PT PHR segera mengumumkan peluang beasiswa tersebut, termasuk jurusan dan tamatan apa saja yang akan dibuka.

"Saya tagih ini, kapan pengumuman itu keluar. Sebab anak-anak Riau ini sudah ada sarjana teknik perminyakan yang ingin belajar ke Amerika. Makanya saya minta cepat diumumkan, supaya kita tahu persyaratan agar anak Riau bisa sekolah di Amerika," terangnya.

Hal itu diketahui setelah Gubri meminta PT PHR untuk memberikan beasiswa kepada anak Riau. Sebab selama ini PT PHR belum ada memberikan CSR beasiswa sejak mengelola Blok Rokan tersebut.

"Selama PHR belum ada beasiswa, padahal dulu Chevron ada. PHR kapan lagi. Jangan ada pembedaan antara perusahaan swasta dan perusahaan negara," terangnya.

Bahkan, lanjut Gubri, dulu PT Chevron juga ada fasilitas sekolah untuk anak suku Sakai dan lainnya.

"Saya berharap PHR juga ada di wilayah kerjanya. Sesuai arahan Menko Maritim terutama untuk daerah pertambangan, agar semua perusahaan tambang di situ harus peduli dengan pendidikan dan UMKM di sekelilingnya. Karena itu PHR harus membuat lembaga pendidikan," sebutnya.

"Nanti akan terbit Perpres agar semua perusahaan tambang peduli dengan masyarakat sekitarnya. Ini dalam rangka mempersiapkan SDM kita dimasa yang akan datang," tukasnya.