Warning dari Gubernur Riau: Kepsek Jangan Curang dalam PPDB, akan Dipecat Bagi yang Pungli

Kamis, 16 Maret 2023

Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU - Jelang pelaksanaan Penerima Peserta Didik Baru (PPDB), Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mewanti-wanti kepala sekolah dan guru SMA/SMK se-Riau untuk tidak melakukan kecurangan saat PPDB.

Demikian ditegaskan Gubri saat menghadiri acara wisuda Tahfidz Alquran Angkatan ke-I SMAN 14 Pekanbaru, Kamis (16/3/2023).

"Kami ingatkan kepada kepala sekolah, guru ataupun pegawai sekolah untuk melaksanakan penerimaan siswa baru dengan jujur," tegasnya.

Gubri mengaku telah mendengar aspirasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau yang menerima laporan warga adanya pungutan saat PPDB.

"Saya tadi sudah mendengar aspirasi dari DPRD yang mendapat laporan warga, bahwa ada pungutan-pungutan PPDB. Saya tidak mau dengar ada pungutan saat pelaksanaan PPDB," tegas Gubri lagi.

Karena itu, Gubri akan memberikan sanksi yang berat kepada kepala sekolah dan guru yang kedapatan melakukan kecurangan saat pelaksanaan PPDB.

"Kalau ada yang berani juga memungut, saya tidak akan segan-segan menangkap yang bersangkutan, disamping memecat beliau dari jabatannya. Saya akan berkerja sama nanti dengan penegak hukum," ucapnya.

"Saya tidak mau dengar ada laporan yang tidak baik lagi. Ini dalam rangka untuk menunjukkan bahwa kita ingin kerja benar," tutupnya.