Kuota Haji Riau 5.047 Orang, Kemenag Riau Tunggu Daftar Nama Jemaah dari Pusat

Rabu, 01 Maret 2023

PEKANBARU   - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan kuota haji tahun 2013 di seluruh provinsi se-Indonesia. Termasuk Riau sebanyak 5.047 orang. Hanya saja kuota tersebut masih belum dibagi per kabupaten/kota.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Riau, Mahyudin melalui Kabid Haji, Syahrudin mengatakan, jika pihak Kemenag Riau hingga saat ini masih menunggu daftar nama-nama jamaah calon haji se-Provinsi Riau dari Kemenag pusat.

"Sesuai surat Keputusan Menteri Agama, Riau tahun ini mendapat kuota haji sebanyak 5.047 jamaah. Itu termasuk petugas," kata Syahrudin, Rabu (1/3/2023).

Dari 5.047 kuota haji Riau tersebut, untuk kuota jamaah diluar petugas diperkirakan sebanyak 5.008 jemaah. Jumlah tersebut yang nanti akan dibagi untuk 12 kabupaten kota se Provinsi Riau.

"Dari 5.008 kuota jamaah haji se Provinsi Riau itu memang yang paling banyak berasal dari kota Pekanbaru," sebutnya.

Total jamaah calon haji dari Pekanbaru yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini diperkirakan mencapai 800 orang lebih.

"Dari Pekanbaru kita perkirakan jumlah jamaahnya lebih dua kloter, lebih 800 jamaah," sebut Syahrudin.

Kemudian di urutan kedua jumlah jamaah haji terbanyak tahun ini adalah Kabupaten Kampar dan ketiga Kabupaten Indragiri Hilir, kemudian Pelalawan dan diurutan lima besar adalah Rokan Hulu.***