Harga Pinang dan Kelapa di Riau Turun Pekan Ini

Kamis, 13 April 2023

PEKANBARU - Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan, harga komoditi perkebunan di Provinsi Riau untuk periode pekan ini ada yang naik dan turun.

Ia menjelaskan bahwa harga komoditi kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Inhil turun menjadi Rp 2.850,-/kg, turun Rp 50 dari harga minggu lalu.

Kemudian, harga komoditi kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti naik menjadi Rp 5.700,-/kg, naik Rp 100 dari harga minggu lalu.

Sedangkan, harga komoditi tepung sagu basah di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tetap stabil menjadi Rp 2.175,-/kg, sama dengan harga minggu lalu.

"Harga komoditi Pinang kering (100%) di Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis turun menjadi Rp 6.180,-/kg, turun Rp40/kg dari harga minggu lalu," ujarnya, Kamis (13/4/2023).

Kata Defris, meskipun harga kelapa butiran dan pinang kering mengalami penurunan, namun harga kopra mutu kering mengalami kenaikan. Sementara itu, harga tepung sagu basah tetap stabil.

Hal ini, kata Defris, memang dapat mempengaruhi para petani dan produsen komoditi perkebunan di Provinsi Riau dalam mengatur strategi dan kebijakan bisnis mereka dalam menghadapi perubahan harga komoditi perkebunan di pasar.

"Para pelaku usaha perkebunan di Riau perlu terus memantau perubahan harga komoditi ini untuk mengoptimalkan potensi pasar dan menghadapi fluktuasi harga yang mungkin terjadi di masa depan," tukasnya.