Sekda Riau Ajak Elemen Masyarakat Sukses Pemilu 2024

Kamis, 18 Mei 2023

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengajak seluruh elemen masyarakat Riau untuk menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto bersempena Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) tahun 2023, yang mengusung tema "mengukuhkan peran penting Komisi Informasi (KI) dalam mengawal Pemilu 2024 yang terbuka inklusif dan informatif".

"Adanya peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional diharapkan bisa dijadikan momentum bagi badan publik khususnya pemerintah untuk lebih meningkatkan pemahamannya terhadap layanan informasi publik kepada masyarakat," kata SF Hariyanto saat jamuan makan bersama Menko Polhukam, Mahfud MD di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Selasa (16/05/2023).

Menurutnya, keberhasilan dalam penyelenggaraan pemilu 2024 dapat berdampak luas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. "Karena itu seluruh elemen diwajibkan untuk menyukseskan pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya," ujar SF Hariyanto.

Peran masyarakat dalam menyongsong Pemilu 2024, lanjut SF Hariyanto, sangat penting salah satunya menjaga keamanan dan stabilitas dengan menghindari gesekan-gesekan yang terjadi ketika masing-masing masa pendukung.

"Selain itu diharapkan kita semua dapat mengawasi jalannya pencoblosan dengan penghitungan suara nantinya sebagai bentuk partisipasi politik yang sangat menentukan. Penyelenggaraan pemilu harus lebih ekstensif dan sosialisasikan aturannya menjadi acuan teknis 2024," terangnya.

Dengan demikian dapat mencegah penyimpangan akibat ketidaktahuan peserta pemilu 2024. Sehingga nantinya melahirkan pemimpin yang baik.

"Mari kita saling bersatu dengan menyamakan persepsi membangun citra bangsa melalui keberhasilan penyelenggaraan peserta demokrasi, yang pertama sesuai dengan perundang-undangan serta meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan yang mengedepankan etika kesatuan kesantunan politik," ajaknya.

"Kesantunan politik ini harus menjadi tujuan kita bersama agar roh Pemilu 2024 tidak ternoda oleh tindakan-tindakan yang dapat merugikan masyarakat di kemudian hari," tukasnya.***