Pengurus Kadin Riau 2022-2027 Dilantik, Ketum Arsjad Rasjid Minta Pengurus Bantu Pengusaha Kecil

Jumat, 02 Juni 2023

PEKANBARU  - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau masa bakti 2022-2027 resmi dilantik. Pelantikan langsung dipimpin oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, Jumat (2/6/2023) di Pekanbaru.

Kadin Riau dipimpin oleh Masuri. Ia sebelumnya merupakan Ketua Kadin Kabupaten Bengkalis.

Untuk diketahui Kadin merupakan organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia, sekaligus mitra strategis pemerintah dalam mendorong pergerakan dunia usaha di Indonesia.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengharapkan, setelah pelantikan ini, pengurus Kadin Riau di bawah kepemimpinan Masuri untuk fokus membantu pengusaha di daerah.

"Kadin Riau harus bisa mengembangkan pengusaha daerah, contohnya petani sawit. Mereka butuh program untuk mentoring dan akses pasar, hal ini kita lakukan bersama. Kita harus bisa bantu pengusaha, membantu ekonomi Riau lebih maju lagi," katanya.

Meskipun Indonesia dihadapkan dengan resesi global, namun hal tersebut tidak harus membuat Kadin khawatir. "Kadin itu rumah dunia usaha dan mitra stategis pemerintah," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Riau, Masuri yakin Kadin bisa membantu menumbuhkan UMKM. "Bersama Kadin, UMKM di Riau harus bisa tumbuh dan berkembang dan masyarakat pun semakin sejahtera," kata Masuri dimuat cakaplah.com.

Untuk mewujudkannya, mantan Kadin Kabupaten Bengkalis ini juga akan berupaya melahirkan pelaku usaha lokal dalam berbagai sektor. "Kadin akan berupaya melahirkan para UMKM yang handal dengan tujuan terciptanya ekonomi yang kuat untuk masyarakat sejahtera," ujar Masuri.

Membangun ekonomi melalui UMKM salah satu upaya bagaimana Indonesia, khususnya Riau benar-benar pulih pasca wabah Covid-19.

Selain itu, Masuri juga menyinggung bahwa Kadin harus terus meningkatkan eksistensi salah satunya dengan membangun sekretariat yang representatif. Sehingga seluruh anggota semangat bekerja menciptakan ide-ide membawa organisasi ini ke arah lebih baik lagi.

“Sekretariat juga harus representatif sehingga kita mampu bekerja dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Masuri terpilih secara aklamasi memimpin Kadin Provinsi Riau periode 2022-2027 melalui Musyawarah Provinsi (Muprov) VII Kadin Riau di Dumai. Masuri sebelumnya merupakan Ketua Kadin Kabupaten Bengkalis dua periode.

Selain Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, turut hadir diantaranya Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan. Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal. Anggota Komisi II DPR RI Arsyadjuliandi Rachman yang juga mantan Ketua Kadin Riau.