Bapenda Pekanbaru Catat Realisasi Penerimaan Pajak Daerah Sudah Rp264 Miliar

Selasa, 06 Juni 2023

PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru mencatat hingga 31 Mei 2023, penerimaan daerah dari 11 jenis pajak daerah sudah mencapai Rp264 miliar. 

''Total realisasi hingga periode 31 Mei 2023 sudah sebesar Rp264 miliar,'' ujar Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan, Selasa (6/6/2023).

Ia mengatakan angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 8,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada bulan yang sama (month to Month).

Disampaikan Alek, adapun untuk penerimaan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Alek mengungkapkan, total penerimaan sebesar Rp29,28 miliar.

Selanjutnya dari sektor Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp66 miliar. Kemudian dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar Rp61 miliar. Selanjutnya untuk penerimaan dari Pajak Restoran sebesar Rp55,6 miliar.

Dengan realisasi ini, Alek optimis Bapenda Pekanbaru akan bisa merealisasikan target secara keseluruhan pada tahun 2023 ini, yang totalnya besar Rp792 miliar.

''Trennya positif, kita berharap situasinya akan terus seperti ini, sehingga bisa lebih diintensifkan,'' Cakapnya.

''Insya Allah target kita di akhir tahun kan Rp792 miliar. Tapi kita optimis bisa di atas Rp800 miliar bisa capai,'' imbuhnya.

Optimisme itu dijelaskan Alek mengacu pada tren dan kecenderungan pembayaran pajak oleh masyarakat yang sejauh ini terus tumbuh positif.

Perbandingannya bisa dilihat pada bulan yang sama pada tahun berbeda.

''Kalau bulan Mei ini saja sudah bisa over 8,5 persen, kita optimis hingga menjelang akhir tahun nanti, pertumbuhannya bisa mencapai 15-20 persen," pungkasnya.