Mulai Akhir Juli Warga Pekanbaru sudah Bisa Berobat Pakai KTP

Senin, 24 Juli 2023

PEKANBARU  - Program Universal Health Coverage (UHC) dipastikan akan dilaunching akhir bulan ini. Jika nantinya program ini sudah dicanangkan, warga Kota Pekanbaru sudah bisa berobat dengan menggunakan KTP saja.

"Dari hasil pertemuan terakhir dengan Sekretaris Daerah, pencanangan program UHC ini rencananya akan dilaksanakan pada 28 Juli mendatang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Ahad (23/7/2023).

Ia mengatakan untuk pencanangannya ada dua opsi. Opsi pertama akan dilaksanakan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani dan kedua di Area Car Free Day (CFD).

"Rencananya akan dilakukan di rumah sakit (RSD Madani) dan ada tempat umum seperti di CFD, masih tentatif. Perkiraan mungkin di tanggal 28. Kenapa direncanakan di RSD Madani, karena kita ingin promosikan RSD Madani, supaya masyarakat berobatnya itu tidak jauh-jauh, ke Madani aja," katanya.

Dijelaskan Zaini, ada dua kategori dalam program UHC, yakni kategori cut off dan non cut off. 

"Kalau cut off, dia hanya mendapat predikat UHC, tapi sistem pelayanannya mengikuti jeda waktu 14 hari baru bisa dimasukkan. Ada masing-masing persyaratannya cut off dan non cut off," sebutnya.

Sementara untuk UHC yang dibiayai Pemko Pekanbaru ini termasuk kategori non cut off. Kategori ini langsung aktif dengan syarat masyarakat memiliki KTP Pekanbaru dan bersedia selama satu tahun dilayani dengan pelayanan kelas III.

"Kalau kita non cut off, ada syarat yang harus dipenuhi masyarakat selain KTP, yaitu masyarakat wajib menandatangani bahwa selama setahun itu bersedia hanya mendapatkan pelayanan kelas III, tidak boleh naik kelas," pungkasnya.

Sebagai informasi dalam program ini nantinya warga Pekanbaru bisa mendapat pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan (faskes) hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Rencana, program UHC ini sebelumnya akan diluncurkan oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun pada malam puncak Hari Jadi ke-239 Pekanbaru. Namun karena program tersebut belum siap, dan dijanjikan program ini launching pada Juli ini. Program ini menjadi salah satu kado yang disiapkan untuk Hari Jadi Pekanbaru ke-239.