Akibat Tahanan Kabur, Dua Kapolsek di Riau Terancam Didemosi

Selasa, 22 Agustus 2023

PEKANBARU - Kapolsek Rumbai, Pekanbaru, Iptu Putra Amor terancam didemosi terkait 10 tahanan yang sebelumnya kabur dari sel. Ternyata kasus serupa juga terjadi di Polsek Langgam, Polres Pelalawan.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan dirinya telah menonaktifkan Iptu Putra Amor sebagai Kapolsek Rumbai dan Iptu Arthur Joshua sebagai Kapolsek Langgam.

“Jadi, dua Kapolsek telah dicopot dari jabatannya terkait pelarian tahanan. Seluruh perwira dan bintara yang bertugas pada hari kejadian akan diperiksa, dan jika terbukti bersalah, tindakan demosi akan diambil," kata Iqbal, Senin (21/8/2023).

Iqbal mengingatkan para jajarannya untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab sebagai anggota Polri.

"Jadi, jika tahanan melarikan diri, ini menandakan bahwa manajemen dan pengawasan yang cukup tidak dilakukan. Oleh karena itu, saya akan bertindak tegas. Jika seorang Kapolsek memiliki tahanan yang melarikan diri, saya pasti akan melakukan evaluasi, pemeriksaan, dan mencopotnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada tanggal 10 Agustus 2023, sebanyak 10 tahanan di Polsek Rumbai melarikan diri. Namun, tim khusus dari Polda Riau berhasil menangkap para tahanan tersebut dan mengembalikannya ke tahanan. Tidak lama kemudian, juga terjadi kasus di Polsek Langgam di mana beberapa tahanan melarikan diri dari Mapolsek.