Armilis Ramaini, S.H.: Wahyudi El Panggabean, Sosok Jurnalis Sejati & Maha Guru bagi Wartawan

Selasa, 24 Oktober 2023

Wahyudi & Armilis

"Bagi saya, Wahyudi El Panggabean adalah sosok Wartawan Sejati sekaligus menjadi Maha Guru bagi para juniornya".

Itulah yang terlontar dari ungkapan Advokat Senior, Armilis Ramaini, S.H., saat dimintai komentarnya dalam Acara Launching Buku karya ke -11, Wahyudi El Panggabean: "Untukmu yang Ingin Menjadi Wartawan Sukses", di Whiz Prime Hotel, Pekanbaru, Sabtu (21/10).

Armilis mengakui, baginya Wahyudi tidak sekadar mitra profesi dan sebatas teman. Tetapi, sudah menjadi sahabat sejati yang telah terjalin dalam rentang waktu lebih 30 tahun.

"Tetapi, satu hal yang saya catat, Wahyudi adalah sosok Jurnalis yang selalu mengutamakan perburuan informasi kebenaran ketimbang materi," ungkapnya.

Wahyudi kata Armilis sudah memainkan perannya sebagai jurnalis secara maksimal, saat mengawali kariernya sebagai wartawan di tahun 80-an.

"Sebagai Advokat yang selalu disibuki mengurusi masalah masyarakat tertindas, saya selalu butuh dukungan jurnalis yang berani dan berintegritas. Nah, itu saya dapatkan dari seorang Wahyudi El Panggabean," kenang Armilis disambut tepuk riuh para undangan di aula itu.

Armilis mengakui sudah langsung membaca buku yang baru saja di "Launching".  "Bahasanya mudah difahami. Bahasannya, menarik," katanya.

Armilis berharap melalui didikan serta  keilmuan yang diwariskan Wahyudi lewat buku-bukunya bisa menjadi acuan serta standar bagi jurnalis dalam menjalankan profesi.

Menurut analisa Armilis, bahasan buku: "Untukmu yang Ingin Menjadi Wartawan Sukses", adalah reperensentasi dari karakter prosesi tugas jurnalis yang sesungguhnya, sekaligus gambaran dari karakter asli penulisnya sendiri.

"Buku-buku karya Wahyudi, adalah literatur yang sempurna untuk siapa saja yang mendambakan profil jurnalis sejati. Karya Wahyudi selalu berbicara tentang fakta-fakta empiris atas peristiwa yang dijalaninya sebagai seorang wartawan," kata Armilis, membuat ruangan jadi hening.

Founder GrizMedia Indonesia, Jakarta, Gemal Abdel Nasser Panggabean, S.H., yang juga putra Wahyudi El Panggabean, sengaja hadir di Pekanbaru untuk didaulat me-Launching" karya ayahnya.

Usai Launching buku, Gemal menjadi narasumber Talk Show bertajuk: "Strategi Menulis Berita Viral" yang dimoderatori, Direktur Pendidikan, Pekanbaru  Journalist Center (PJC), Abdul.Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom.

Acara diakhiri dengan Pelatihan Jurnalistik dengan instrktur: Wahyudi El Panggabean dan Abdul.Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom.