Uji Klinis Vaksin HPV Dimulai, Siap Cegah Kanker Serviks

Kamis, 23 November 2023

JAKARTA: Lembaga Independen bidang kesehatan Beijing Health Guard Biotechnology Inc (BHGB) tengah melakukan uji klinis vaksin HPV sebagai langkah pencegahan kanker serviks.

Vaksinasi HPV adalah program imunisasi untuk melindungi tubuh dari infeksi human papillomavirus (HPV).

Vaksinasi ini bermanfaat untuk mencegah kanker di area kelamin dan organ reproduksi, seperti kanker serviks dan kanker penis.

Liu Yongjiang President Director of Beijing Health Guard Biotechnology Inc (BHGB) menjelaskan bahwa uji klinis fase III vaksin HPV sembilan valensi Kangle Guardian telah dimulai di Indonesia.

“Subjek pertama dari proyek penelitian klinis internasional vaksin HPV sembilan-valen human papillomavirus (HPV) rekombinan,” katanya Kamis, 23 November 2023.

Dia menyebutkan, uji klinis fase III dilakukan secara acak, tersamar, dan terkontrol positif. Dokumen persetujuan uji coba secara resmi dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) pada akhir September tahun ini.

”Pengamat BPOM, tim terkait seperti Peneliti dari BHGB, peneliti, perusahaan CRO dan pemangku kepentingan proyek lainnya ikut serta dalam kegiatan pendaftaran vaksinasi ini,” jelasnya.

Dia menyebutkan, sebelumnya, BHGB telah meluncurkan uji klinis Tahap III vaksin HPV di Tiongkok.

Ada sembilan valensi indikasi untuk wanita. dan uji klinis imun bridging vaksin HPV sembilan valensi indikasi untuk wanita) untuk kelompok usia muda.

“Uji klinis fase III vaksin HPV sembilan valensi  untuk indikasi pria sedang dilaksanakan di negara tersebut,” sambungnya.  

Hasil uji klinis penjembatan kekebalan pada kelompok usia muda menunjukkan bahwa keamanan dan imunogenisitas vaksin sebanding dengan vaksin yang tersedia secara komersial.

“Sehingga memberikan dasar ilmiah untuk uji klinis ini di Indonesia,” katanya.

Vaksin HPV ini diharapkan bisa berguna untuk mengurangi angka kanker serviks dan penyakit lainnya dari virus tersebut.

Masyarakat indonesia juga diharapkan untuk memahami virus tersebut serta pencegahannya dari vaksinasi.

*** 
Didirikan pada tahun 2008, Beijing Health Guard Biotechnology Inc (BHGB) adalah perusahaan teknologi tinggi dengan desain antigen berbasis struktur sebagai teknologi intinya.

Perusahaan ini berkomitmen terhadap penelitian, pengembangan, dan industrialisasi vaksin inovatif serta memiliki HPV terkaya di dunia portofolio produk vaksin.