Operasi Lilin Lancang Kuning 2023, 2.803 Personel Diterjunkan Amankan Nataru

Kamis, 21 Desember 2023

PEKANBARU - Sebanyak 2.803 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Mereka disiagakan untuk melakukan pengamaman di gereja, dan tempat rawan gangguan kamtibmas.

"Ada 2.803 personel (disiagakan untuk pengamanan)," ujar Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 di halaman Mapolda Riau, Jalan Pattimura, Pekanbaru, Kamis, (21/12/2023).

Operasi Lilin Lancang Kuning akan berlangsung selama dua pekan, terhitung sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2023. Selama operasi, Polda menyiapkan 36 pos pengamanan dan 16 pos pelayanan.

Irjen Iqbal mengatakan, tidak menutup kemungkinan personel dan pos akan ditambah. "Kita juga melihat situasi dan kondisi cuaca serta dinamikanya seperti apa," kata Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menegaskan, pihaknya telah siap melakukan pengamanan agar pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru. Berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk berkoordinasi dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Tadi kita sampaikan, kalau kami siap melaksanakan itu semua (pengamanan). Seluruh stakeholder, TNI, Polri, dan lembaga terkait," tutur Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menyatakan, ingin agar pelaksanaan Natal 2023 berjalan aman dan khidmat serta meminimalisir segala bentuk gangguan Kamtibmas jelang pergantian tahun.

"Kita sudah rapat koordinasi. Mengumpulkan semua kelompok masyarakat, bupati dan walikota untuk bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi menjaga Riau agar aman," papar Irjen Iqbal.

Mantan Kepala Divisi Humas Polri ini menyebut, untuk pengamanan Natal nanti, pihaknya sudah meminta kelompok peribadatan berperan serta.

"Kita meminta kelompok peribadatan, jemaah-jemaah gereja, remaja-remaja gereja duduk bersama dengan kami. Mereka akan duduk di depan karena mereka yang paham, siapa jemaat yang datang. Kalau ada yang asing, tentu patut diwaspadai," tutur Irjen Iqbal.

Selain itu, Polda Riau juga melibatkan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam. "Kita libatkan. Kita tunjukkan toleransi beragama di Provinsi Riau sangat baik," katanya.

Pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat keramaian. Polisi akan mobile, dan siap memberikan bantuan kepada masyarakat. "Kita siap akan segala kemungkinan," pungkas Irjen Iqbal.

Apel Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 dihadiri oleh Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Danrem 031 Wira Bima, Perwakilan Kejati Riau, pejabat Utama Polda Riau, dan undangan dari instansi pemerintah.**