Ribuan Warga Riau Terdampak Banjir, Usulan Bantuan Logistik dan Obat-obatan dari Pusat Belum Turun

Rabu, 10 Januari 2024

PEKANBARU - Setidaknya 10 daerah dari 12 kabupaten kota di Provinsi Riau saat ini mengalami bencana banjir. Hal ini disebabkan curah hujan di wilayah Riau yang cukup tinggi.

Ke 10 daerah yang terendam banjir itu yakni Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pekanbaru, Bengkalis, Pelalawan, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Sedangkan dua daerah yang tidak terdampak banjir yakni Dumai dan Kepulauan Meranti.

Dari 10 kabupaten kota di Riau yang tergenang banjir, sebanyak 43 kecamatan dan 192 desa terendam banjir. Akibatnya 24.268 Kepala Keluarga (KK) dengan 99.812 jiwa terdampak banjir.

Terkait kondisi itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengusulkan permintaan bantuan ke pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 22 Desember 2023. Hanya saja saat ini permintaan tersebut masih berproses.

"Kita sudah mengusulkan permintaan bantuan ke BNPB pada 22 Desember 2023 lalu untuk penanggulangan korban banjir di kabupaten kota," ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Rabu (10/1/2024).

Edy Afrizal mengatakan, belum turunnya bantuan dari pemerintah pusat tersebut lantaran masih peralihan tahun. Sehingga semua masih berproses.

"Permintaan yang kita usulkan bantuan logistik dan peralatan. Termasuk obat-obatan. Karena saat ini masyarakat terdampak mulai mengeluhkan penyakit kulit dan diare. Nanti kita akan follow up lagi usulan kita sudah sejauh mana," sebutnya.

Untuk bantuan obat-obatan, lanjut Edy, pihaknya telah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Riau. Dimana pihaknya sudah menyampaikan wilayah-wilayah terdampak banjir yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Sekarang petugas puskesmas-puskesmas sudah turun, mereka door to door mendatangi masyarakat terdampak banjir. Seandainya petugas kekurangan obat-obatan, Kepala Dinas Kesehatan Riau sudah bilang siap untuk drof obat-obatan ke daerah terdampak banjir," tukasnya.