1.400 Penghuni Rutan Pekanbaru Tak Masuk DPT Pemilu 2024

Senin, 22 Januari 2024

PEKANBARU - Sebanyak 1.400 penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I, Jalan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan mengatakan, tak masuknya ribuan penghuni Rutan itu diketahui ketika ia datang ke Rutan Kelas I, Jumat (19/1/2024).

"Mereka punya hak suara tapi belum terdaftar di DPT," ujar Asep, Ahad (21/1/2024).

Asep menyebut, pihaknya berkoordinasi dengan Rutan Pekanbaru bersama KPU dan Bawaslu mencari tahu apa persoalan dan kendala yang dialami di Rutan Kelas I Pekanbaru.

"Kami yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu berkoordinasi dalam rangka mencari informasi apa hambatan dan kendala dalam pelaksanaan pemungutan suara yang dilaksanakan di Rutan Pekanbaru," tutur Asep.

Menurut Asep, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Rutan, sekitar 1.400 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) belum memiliki identitas atau NIK.

"WBP yang baru terdaftar DPT sekitar 190-an dan yang belum memiliki NIK ada 1.400. Inilah yang kita carikan solusinya bersama KPU dan Bawaslu," terang Asep.

Asep menyebut, pihaknya akan menindaklanjuti permasalahan tersebut terkait identitas atau NIK WBP Rutan Pekanbaru.

"Kita bantu terkait identitas kependudukan WBP yang belum terdaftar dalam DPT. KPU juga terus berkoordinasi dengan Bawaslu dan Polda Riau juga akan terus membantu agar WBP terdaftar menjadi DPT," pungkasnya.