Makan Ternak Warga Siak, BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu

Kamis, 28 Maret 2024

PEKANBARU - Satwa langka Beruang Madu berhasil diamankan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSA) Riau di Dusun 2 Mekar Indah, Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Siak.

Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Mustafa Imran Lubis mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kemunculan satwa liar Beruang Madu di Dusun 2 Mekar Indah Kampung Sungai Tengah.

“Tim mitigasi interaksi negatif manusia dan satwa liar Balai Besar KSDA Riau segera melakukan persiapan ke lokasi untuk melakukan penanggulangan. Tim terdiri dari Polhut, Dokter Hewan dan Petugas Teknis,” kata Mustafa, Kamis (28/3/2024).

Lanjutnya, pada Rabu (27/03/2024) tim tiba di lokasi dan langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Dusun 2 Mekar Indah dan masyarakat sekitar. Di lokasi serangan, ditemukan kandang ayam yang rusak dan satu ekor sisa bangkai ayam warga yang mati diserang Beruang.

“Tim melakukan penyisiran di sekitar lokasi yang merupakan kebun sawit dan menemukan satu ekor Beruang Madu, namun satwa tersebut bergerak cepat menghilang di balik semak,” ungkapnya.

Tim memutuskan untuk melanjutkan pencarian pada pukul 06.00 WIB. Kemudian mendapatkan informasi, keberadaan Beruang di kebun sawit warga yang berjarak satu kilometer dari lokasi temuan pertama.

“Setelah dilakukan pengejaran oleh Tim dan dibantu warga akhirnya Beruang berhasil dievakuasi setelah dilakukan penembakan bius. Satwa Beruang langsung kami evakuasi dan dilepasliarkan kembali ke habitatnya di kawasan konservasi,” tutupnya.**