Viral Video Air Mineral Botol Mengandung Besi, Ini Penjelasan BBPOM Pekanbaru

Ahad, 12 Juli 2020

PEKANBARU - Sebuah video pengujian air mineral mengandung besi viral di media sosial. Dalam video tersebut seorang pria sedang melakukan percobaan beberapa air mineral dan menganalisa kandungan zat logam.

Menggunakan perangkat kabel, colokan serta lampu, pria dalam video itu menjelaskan hasil penelitiannya itu. Sontak saja video yang beredar luas itu viral, lantaran air mineral kemasan botol itu selama ini memang laku keras dipasaran.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Pekanbaru Dra Syarnida Apt MM mengungkapkan, adanya zat besi di dalam air mineral adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Air mineral itu mengandung berbagai ion-ion, salah satunya zat besi. Itu wajar dan tak bahaya buat kesehatan. Kalau sudah memiliki izin edar BPOM itu aman," ujar Syarnida.

Syarnida mengimbau masyarakat agar menganalisa terlebih dahulu informasi yang meragukan dan memastikan ke lembaga berwenang seperti BBPOM.

"Lihat dulu sumbernya, kebenarannya seperti apa, siapa yang berbicara, apakah dia memang ahli atau sekadar coba-coba. Bagaimanapun jika tubuh kita perlu zat besi," katanya

Syarnida menegaskan, dalam memberikan izin edar BBPOM sudah memastikan produk tersebut aman untuk dikonsumsi masyarakat, sehingga tidak perlu mengkhawatirkannya.

"BBPOM dalam memberikan izin edar juga tidak sembarangan," tuturnya.

Selain itu, Syarnida mengingatkan agar masyarakat dalam mengonsumsi suatu produk, agar cek kemasan, label, Izin edar, dan kadalauarsa (KLIK) terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi.