Setahun Lebih Jabat Gubri, Syamsuar Belum Isi 120 Jabatan Lowong

Selasa, 14 Juli 2020

PEKANBARU - Sejak dilantik menjadi Gubernur Riau, Syamsuar masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang belum diselesaikan. Salah satunya pengisian jabatan eselon III dan IV yang tak kunjung tuntas.

Dari data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, terdapat sekitar 120 jabatan lowong alias tidak ada pejabatnya. Padahal, Syamsuar sudah menjabat sebagai Gubernur 1 tahun 5 bulan.

Saat ini kekosongan jabatan eselon III dan VI yang saat ini diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan saat dikonfirmasi perihal tersebut mengaku sampai saat ini pihaknya belum mendapat arahan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yakni Gubernur Riau, Syamsuar untuk mempersiapkan pelantikan jabatan eselon III dan IV tersebut.

"Pelantikan esleon III dan IV belum lagi, belum ada arahan dari pimpinan kapan untuk pengisian jabatan yang kosong itu," kata Ikhwan Ridwan, Selasa (14/7/2020).

Meski begitu, Ikhwan mengaku pihaknya telah menyerahkan data jabatan eselon III dan IV yang saat ini kosong ke gubernur.

"Kalau jabatan eselon III dan IV yang kosong sudah kita siapkan, dan sudah kita serahkan ke pak Gubernur. Sedangkan untuk pengisiannya kita menyerahkan ke pimpinan,"

Untuk diketahui jika 120 jabatan eselon III dan IV Pemprov Riau ini diisi Gubernur Riau, maka pengisian jabatan tersebut merupakan pelantikan gelombang kedua.

Dimana sebelumnya Pemprov Riau telah melantik 632 pejabat eselon III dan IV di Gedung bank Riau Kepri. Namun dalam pelantikan itu menyisakan ratusan pejabat yang belum dilantik, dan dalam perjalanan ada juga pejabat yang pensiun.

Dari 120-an jabatan yang kosong pasca diterapkannya Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru di Pemprov Riau, ada 20 jabatan eselon III yang kosong, sisanya jabatan eselon IV.