Dari 7 BUMDes di Palika hanya Satu Penyumbang PAD

Selasa, 13 Juli 2021

Laporan: Mas Pur (Baganbatu)

Dari 7 (tujuh) badan usaha milik desa (Bumdes) di kecamatan pasir limau kapas (Palika) hanya satu bumdes yang punya pendapatan asli Desa. Sedangkan enam bumdes lainnya hanya jalan ditempat.

Sebab itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Rokan HIlir (PMD Rohil) melaksanakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan badan usaha milik desa serta lembaga kerjasama antar Desa Kecamatan pasir limau kapas tahun 2021. Adapun kegiatan dilaksanakan di kantor camat Pasir Limau Kapas di Panipahan Darat. Dihadiri oleh KASI Pemerintahan Irwansyah Putra mewakili Camat Palika, , Komisioner KPU Rohil Tua Pangabean Nasution,MA dan Bumdes se Kecamatan Pasir limau kapas (Palika).

“Tadi telah dipaparkan dari 7 BUMDes hanya 1 yang surplus ataupun yang mendapatkan keuntungan 30 juta rupiah, sedangkan yang enam kepenghuluan masih jalan ditempat. Artinya satu kepenghuluan Panipahan darat, dia sudah punya pendapatan asli Desa. Ini kita harapkan dapat meningkat terus,”kata  Yandra, S.Sos, M.Si , Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Rokan Hilir (13/07/2021).

Bahkan  Yandra memberikan contoh ada sebuah desa di pulau Jawa yang Bumdesnya mampu membeli mobil alpard.

“Kenapa kita tidak bermimpi. Mungkin orang bisa beli mobil Alpard, kenapa kita tidak bisa beli Innova ,” ujarnya.

Seandainya  ada dana tapi tidak digunakan maka itulah yang dinamakan jalan ditempat.

"Kita berharap tidak ada lagi jalan ditempat, harapan Pimpinan Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H.Sulaiman BUMDES bisa masuk ke blok rokan yang sebentar lagi akan dikelola daerah atau kabupaten yang ada sumur minyak seperti di Kabupaten Rokan Hilir,” ujarnya mantap.***