Tak Ada Warga Rumbai Barat Divaksinasi di Bus Keliling, DPRD Minta Camat Beri Dukungan

Selasa, 08 Juni 2021

PEKANBARU - Bus vaksinasi Covid-19 milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah beroperasi selama 11 hari, sejauh ini sudah 6.339 warga yang sudah divaksinasi.

Namun sejauh ini dari 15 kecamatan di Pekanbaru, hanya Kecamatan Rumbai Barat yang belum ada satupun warganya divaksinasi melalui bus itu. Padahal Pemko mengerahkan bus-bus tersebut untuk mempercepat vaksinasi.

Menanggapi hal ini anggota Komisi I DPRD Pekanbaru, Firmansyah yang juga merupakan wakil dari daerah pemilihan (Dapil) Rumbai mendesak agar Camat Rumbai Barat untuk bekerjasama dengan seluruh lurah hingga RT RW untuk mengampanyekan vaksinasi kepada masyarakat setempat.

"Camat harus bergerak cepat dan harus mendukung program dari Pemko ini, kita DPRD menunggu gerak cepatnya camat dan jangan mau ketinggalan sama daerah lain," cakap Firmansyah, Selasa (8/6/2021).

Jika Kecamatan Rumbai Barat dalam beberapa hari ke depan masih belum ada warganya yang divaksinasi melalui bus vaksin, politisi PKS ini menegaskan Komisi I akan memanggil sang camat untuk dimintai keterangannya.

"Kalau beberapa hari ke depan belum ada juga warga yang divaksinasi, berarti ada sesuatu hal yang tersumbat antara camat dan bawahannya. Yang jelas kita minta pihak kecamatan gerak cepat karena vaksinasi ini bermanfaat untuk masyarakat," tutupnya.

Sementara itu Koordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru, Khairunnas mengatakan antusias masyarakat untuk datang ke bus vaksinasi keliling cukup bagus.

Namun, data yang dirilis di Kecamatan Rumbai Barat tidak satu pun warga yang mengikuti vaksinasi melalui bus itu. Saat dikonfirmasi, Khairunas menyebut tidak ada permintaan vaksinasi dari pihak camat.

"Kami sudah beroperasi. Tetapi tidak ada permintaan. Berarti kan tidak ada. Kami sesuai permintaan," kata dia.

Tapi, di kecamatan lain, antusias warga diakuinya cukup tinggi. Ia juga menyebut, masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin hanya membawa kartu identitas diri, seperti KTP. Vaksinasi ini gratis, tidak dipungut biaya. (Parlementaria)