DPP APKASINDO Siap Memberi Perlindungan Hukum

Sabtu, 16 Oktober 2021

Laporan: Doni SB (Jurnalis Apkasindo)

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat, Assosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPP APKASINDO), Dr. Gulat Manurung, MP., C.APO menegaskan pihaknya siap memberikan perlindungan hukum baik terhadap petani maupun Jurnalis Apkasindo. 

"Sepanjang  berada di jalur yang benar, termasuk masalah di Kutai Kartanegara, kita siap!" katanya saat menjawab pertanyaan peserta Pelatihan Jurnalis APKASINDO se Wilayah Kalimantan, di Hotel Royal Suite Balikpapan, Kalimantan Timur (13/10)

Terlebih lagi, katanya APKASINDO dinaungi oleh Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko sebagai Ketua Dewan Pembina.

"Siapapun pihak yang merampas hak petani akan kita lawan. Baik secara litigasi maupun non litigasi sesuai prosedur yg telah diatur undang-undang," kata Gulat, tegas.

Gulat menegaskan setiap permasalahan yang dihadapi masing-masing DPD wilayah sebaiknya berkirim surat ke DPP. 

"Kemudian surat itu ditembusan ke Presiden, Mentri terkait, Dewan Pembina, Pemerintah Provinsi dan Pemda setempat," ucapnya.

"Untuk itulah sejak Mei 2021, APKASINDO telah meluncurkan program strategis sejak Mei 2021. Pelatihan Jurnalistik Sawit buat petani anggota APKADINDO  di 22 propinsi di tanah air," katanya. 

Menurutnya, program ini bertujuan agar seluruh petani dapat membela diri dengan cara mengeskpos bila ada bentuk intimidasi ataupun perampasan hak atau bentuk kecurangan dari siapapun yang merampas hak petani. "Termasuk perusahaan, pemerintah dan pihak PKS," katanya.

Dengan bekal ilmu jurnalis,  katanya, petani bisa  menulis berita yang akan dimuat di media khusus Apkasindo yang kemudian akan dibaca khalayak umum. "Seterusnya,  kita diskusikan bersama untuk mencari solusinya," kata Dr.Gulat.***