Bapenda Pekanbaru Gelar IHT di Sumbar, DPRD: Harus Ditindak Keras

Jumat, 29 Oktober 2021

PEKANBARU - Kegiatan In House Training (IHT) ke Sumatera Barat yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru disoroti DPRD Pekanbaru. Legislatif menilai, kondisi ekonomi sulit saat ini tidak seharusnya mengadakan kegiatan di luar daerah.

Apalagi Walikota Pekanbaru Firdaus sudah menginstruksikan bahwa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memangkas perjalanan dinas. Selain perjalanan dinas, kegiatan-kegiatan yang tidak urgent lainnya diminta agar ditiadakan.

"Kalau pimpinan kita sudah melarang kita untuk bepergian, kita harus patuhi. Tidak benar kita untuk lakukan perjalanan dinas. Karena ini atasan kita, pimpinan kita," kata Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Fathullah, Jumat (29/10/2021).

Jika ada OPD yang masih menggelar kegiatan, apalagi agenda keluar daerah, menurutnya sudah melanggar kebijakan yang dikeluarkan pimpinan.

"Pak Walikota itu kan pimpinan SKPD. Kalau anggotanya itu pergi berjalan, berarti sudah menentang aturan yang sudah dibuat Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Makanya orang yang seperti ini ditindak keras," tegasnya.

Lanjutnya, kalau agenda tidak terlalu penting, tidak usah mengadakan agenda keluar daerah. "Habiskan uang negara. Makanya kalau tidak urgent, kita tidak perlu berjalan," kata Fathullah.

"Kalau perlu buat acara di kota saja, jangan keluar daerah. Kalau keluar daerah menghabiskan uang pemerintah daerah kita. Apalagi Pemko sangat minim keuangannya," tambahnya.

Ia meminta Walikota Firdaus agar memantau OPD yang tidak mengindahkan kebijakan itu. Ia juga menegaskan agar ada tindakan tegas terhadap OPD atau ASN yang melanggar.

"Kita sarankan ke pak wali, apabila SKPD kita tidak urgent urusannya untuk kantor, tidak usah kasih perjalanan dinas luar. Karena keuangan kita minim, pemko harus tindak keras mana SKPD-nya yang keluar daerah. Harus tindak keras," tegasnya. (Parlementaria)