INDODAX: TPPU PAKAI ASET KRIPTO JUSTRU MUDAH DILACAK
Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Cilegon
Tambang Galian Pasir Desa Batu Kuda, Menelan Korban
MELAYANI MANUSIA
By: L.N. Firdaus
Kondisi faktual pelayanan publik birokrasi Indonesia hari ini masih jauh panggang dari api. Rumah dah belasan tahun tegak secara resmi di tepi jalan raya tapi tak punya nomor. Lapor ke Pak RT berkali-kali, kata Pak RT kasih aja nomor sendiri.
Warga harus mengurus ulang KK, KTP, BPKB, SIM, Pass Port, Buku Tabungan, ATM akibat pemekaran RT, RW, dan Kecamatan. Semua menguras waktu, tenaga, pikiran, uang, plus sakit hati selama mengurusnya.
Bansos untuk keluarga miskin dan kurang mampu tak bisa cair, pasal sampah admistratif tersebut tak suai lagi akibat pemekaran wilayah.
Anak payah 'nak melanjutkan sekolah karena nama di ijazah tak suai dengan nama yang tertulis dalam Akta Kelahiran. Setelah ditelisik ternyata tukang ketik di Disdukcapil tak cermat mengetik nama yang tertera dalam surat keterangan lahir dari Mak Bidan.
Warga bijak dan taat membayar pajak, payah membayar PBB karena Pak RT tak pernah lagi mengantarkan lembar tagihan PPB ke rumah warga sebagai tanda pengingat tenggat waktu.
Walhasil saban tahun warga kena denda saat melunasi PBB. Bukan warga tak bijak membayar pajak, tapi birokasi bengak yang bikin warga malas nak bayar pajak.
Kudis-kudis birokrasi itu lama-lama membesarkan penyakit kejiwaan birokrasi (common psycho-bureaupathology) yang sudah akut karena terbentuk dalam sistem (Eko Prasojo , 2013) bertambah parah.
Aparatur Pelayanan Publik kita belum bisa memberi pelayanan prima berkelas bintang lima. Pelayanan Prima (excellence services) tidak dapat diperoleh begitu saja.
Bintang lima identik dengan servis yang datang dari pekerja profesional yang dibentuk dengan fondasi nilai-nilai yang kuat dan pelatihan-pelatihan berkala.
Memperbaiki pelayanan publik mesti dimulai dengan memperbaiki pola pikir (mindset) SDM Aparatur. Karena mindset memainkan peranan yang sangat besar terhadap mentalitas SDM Aparatur dalam melayani masyarakat.
Kerja adalah Pelayanan, kata Albert Schweitzer. Tentang hakikat kemuliaan Manusia dan pekerjaannya, Jansen Sinamo mengingatkan bahwa manusia bekerja adalah manusia yang bermartabat mulia karena sesungguhnya semua pekerjaan memiliki martabat mulia.
Karena itu eksekusi sebuah pekerjaan memerlukan sikap-sikap mulia. Kerja diabdikan untuk hal-hal mulia. Hasil Pekerjaan harus lah melampaui harapan pelanggan. Itulah hakikat dari Pelayanan Prima.
Kamus Umum Bahasa Indonesia mendefinisikan Pelayanan adalah menolong menyediakan segala apa yang diperlukan orang lain. Yang akan merasakan kebahagiaan sejati hanyalah dia yang telah berusaha, dan menemukan bagaimana melayani.
Berikanlah pelayanan yang terbaik serta mutu yang terbaik, maka akhirnya pasar akan tumbuh di depan rumah kita. Ini selaras dengan Hukun Peningkatan Pengembalian (The law o fIncreasing Return).
Ingat lah selalu Hukum Nilai bahwa Nilai Anda ditentukan oleh berapa banyak yang Anda berikan dalam bentuk nilai lebih dari pada pembayaran yang Anda peroleh.
Soal kompensasi? Pendapatan Anda ditentukan oleh berapa banyak orang yang Anda layani dan sebagus apa Anda melayani mereka. Soal kehormatan? Manusia tidak menjadi terhormat atas apa yang ia terima. Kehormatan diberikan pada orang yang memberi.
Soal Pengaruh? Pengaruh Anda ditentukan oleh berapa besar Anda mendahulukan kepentingan orang lain. Prinsip-prinsip klasik tentang pelayanan prima perlu diinternalisasi lebih dalam guna meminimalisir permasalahan-permasalahan pelayanan publik.
Bagaimana membangun SDM Aparatur masa depan yang ideal sehingga dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam bingkai reformasi birokrasi pelayanan publik menuju birokrasi yang bermarwah.
Didik lah diri mu sekeras batu cadas, tapi layani lah Manusia selembut air.
Tak percaya? Amalkan lah…..***
---------------------
L.N .Firdaus:
Anggota Komite Penjamin Mutu Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau
Disdik Riau Buka Penerimaan Siswa Baru di Tiga SMAN Pekanbaru, Berikut Lokasinya
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan (D.
DPRD Pekanbaru Ingatkan Pemko Tidak Sembarangan Lantik Pejabat
PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diingatkan agar tidak sembarangan melantik pejabat..
Terpilih Secara Aklamasi, Saprin Sitepu Pimpin PAC PBB Kunto Darussalam
ROKAN HULU: Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kecamatan Kunto Darussalam, menggelar Rap.
Tanggapi Demo Imigran, DPRD Pekanbaru: Pemerintah Sudah Beri Layanan Maksimal
PEKANBARU - Unjuk rasa para imigran mendapat perhatian kalangan legislatif Kota Pekanbaru. .
Pemprov Riau Raker Bersama Pemkab Meranti, Ini yang Dibahas
PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto memimpin R.
100 Mahasiwa Umri Terima Bantuan Beasiswa Rp300 Juta dari Menteri Zulhas
PEKANBARU - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan beasiswa s.