Kanal

Peringatan HUT ke-24 SMPN 9 Buru, Dirayakan: Dengan 4 Kegiatan Kongkret

Laporan: Irawati (Maluku)

Kegiatan  peringatan HUT SMPN 9 Buru, Namlea, dilaksanakan agak berbeda dengan sebelumnya.

Ada 4 agenda kongkret yang di laksanakan:  Kesatu,  Pembinaan.  Kedua, penyerahan santunan dan ketiga, penanaman pohon palam  di lingkungan sekolah. Serta keempat, ikut bakti kebersihan lingkungan di Masjid Raya Alburuj, Namlea.

Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sekolah SMPN 9 Buru, Namlea  ke-24 tahun ini, diadakan di halaman sekolah pukul 08.30 Wit  dengan mendatangkan Pemateri dari Imam Masjid Raya Al-Buruj Namlea La Ode Badwi S.Pd., M.Pd, Jum'at (4/2).

Kepala Sekolah SMPN 9 Buru, La.Pou S.Pd., M.M., mengundang Imam Masjid Al - Buruj untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik dengan angel: penciptaan alam.

Materi yang disampekan oleh La Ode  terkait pengetahuan, penciptaan alam semesta dan seluruh isi alam yang di ciptakan oleh Allah Swt., tersirat di  dalam Al-Qur'an,  Surat AliImran.

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal," (QS, Ali Imran: 190)"

La Ode Badwi menjelaskan kepada anak didik, alam semesta ini di isi dengan jutaan Galaksi yaitu Gugusan (kumpulan) bintang-bintang.Dan di jelaskan juga kepada anak didik tentang perhitungan menurut Kalender.

"Ada 2 macam Kalender Masehi di hitung berdasarkan perputaran Bumi  pada Matahari . Kalender Hijriyah di hitung berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad, Saw., dari Mekah ke Madina.

"Saya berharap dengan kajian yang di sampekan bisa bermanfaat untuk anak didik di SMPN 9 buru ,menjadikan anak  yang pandai juga Soleh dan Soleha," ucapnya.

Setelah pembinaan selesai, ada pertanyaan yang diadakan dari pihak sekolah  untuk anak didik.  Anak didik yang memberikan jawaban dengan benar, pihak sekolah akan memberikan hadiah berupa uang Rp 50 ribu sampe Rp 100 ribu.

"Kemudian penyerahan santunan dilakukan  pihak sekolah yang sumber dananya di dapat dari sekolah dan teman-teman Guru. Semoga bermanfaat dan mereka anak didik mendapat keberkahan dari Allah Swt.," harap Kepsek.

Disusul dengan agenda selanjutnya: penanaman pohon Palam  di lingkungan halaman sekolah dan kerja bakti kebersihan lingkungan di Masjid Raya Al-Buruj, Namlea.

Kepsek mengatakan, terkait dengan pengetahuan kepada peserta didik, dengan hal itu pihaknya yakin sungguh peserta didik memahami dan akan menerapkan dalam kehidupanya.

"Sebelum pandemi covid -19 ,banyak kegiatan yang di selenggarakan oleh sekolah,tapi untuk sekarang  Hut sekolah yang ke 24 tahun, dilakukan dengan spesipik dan religi.

"Karrna kami yakin sungguh, tanpa kita berikan pengetahuan dari sisi agama kepada peserta didik. MAereka akan salah arah," "ungkap La. Pou.

Harapan Kepsek yang sudah menjabat selama 7 tahun ini, mengucapkan rasa Alhamdulillah syukur dengan kebersamaan.

"Kami, saya dan teman guru setiap tahun banyak alumi  yang di terima di sekolah SMAN Siwalima Ambon yang bermutu di Provinsi. Dan kalaupun anak didik menyebar di Kabupaten Buru adalah anak didik yang biasanya masuk pada dominan yang baik," katanya.

Tujuan kegiatan yang dilaksanakan hari ini, akan memberikan suatu pengetahuan kepada peserta didik,bagaimana manusia di ciptakan dan bagaimana kita melindungi alam.

"Lembaga ini merupakan lembaga yang memiliki nilai hakiki. Sehingga,  orang-orang yang di dalam, terutama saya harus memiliki tekad dan ikhtiar, bagaimana kita kembangkan lembaga. Sehingga memiliki nilai edukasi dan nilai religi," pesan Kepsek.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak sekolah SMPN 9 yang telah memasuki usia ke 24 tahun. Menjadi dambaan masyarakat, karena kami yakin SMPN 9 ini berada di tengah kota.

'Dengan kegiatan yang di lakukan selama ini ada perhatian kusus yang di lakukan orang tua, sehingga ada niatan orang tua menitipkan putra-putrinya di SMPN ini," katanya.

Kepsek yakin sungguh dengan program yang di agendakan tahun ini, Insya Allah bisa sukses dan berjalan lancar dan baik.***

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER