Kanal

Ritual Adat Belian Dayak Deah, Paser, Kaltim


Laporan:  Elias Yosia Siga (Kaltim)

Paser-Kalimantan Timur:  Bertempat di Balai Adat Sanggar Tari Gintur Kinsai Desa Busui RT 002, Kecamatan, Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Presidium Pusat-Lembaga Adat Negeri Paser (PP-LANP) menggelar acara Ritual Adat Paser Dayak Deah.

Acara Ritual Adat yang dimulai dari hari Senin tanggal 29 Agustus 2022-31 Agustus 2022, di buka secara resmi oleh Ketua Umum PP -LANP, Arbain M Noor, S.E.,vM.SI.

Ritual Adat bertajuk: "Belian Ngukas Hajat Bayar Janji Nengkuat Longan Dimo/Longan Hajat" itu, berlangsung meriah dan terlaksana dengan lancar.

Turut hadir dalam acara Ritual Adat tersebut; Pengurus PP-LANP, Pengurus Forum Adat Dayak Deah (FADD), Pengurus Sanggar Tari Gintur Kinsai serta para Tokoh Adat dan tamu para undangan.

Acara yang dimulai dengan Tarian Penyambutan dari penari-penari Sanggar Tari Gintur Kinsai pimpinan, Ferry yang menyambut para tamu undangan, semakin menyemarakkan acara tersebut.

Ditambah lagi tampilan Tarian-tarian lainnya dari Sanggar Tari Gintur Kinsai tersebut.

Disaat bersamaan juga di serahkan SK-KADAT DEAH, tentang Penetapan Pengurus Dan Susunan/Komposisi Pengurus Forum Adat Dayak Deah (FADD ), Desa Busui, Kecamatan Batu Sopang, Paser,  masa bakti 2022-2027,oleh Bpk Arbain M Noor, S.E., M.SI, kepada Ketua Adat Dayak Deah.

Dalam sambutannya Arbain menyampaikan perlu adanya kerjasama dengan semua pihak untuk mengembangkan Seni dan Budaya, serta beliau mendukung penuh setiap kegiatan masyarakat Adat nya.

"Saya menyambut baik semua kegiatan Kebudayaan yang di laksanakan oleh Sanggar Tari Gintur Kinsai di bawah asuhan Forum Adat Dayak Deah di Desa Busui Kecamatan Batu Sopang ini," katanya.

Lebih lanjut,Arbain yang juga sebagai Pembina Forum Adat Dayak Deah (FADD) menambahkan pentingnya kerjasama.

"Sebagai Pembina saya terus mendorong dan bekerja sama baik dengan mereka selama ini, dalam rangka menjalin Kekerabatan dalam Kebudayaan, menata Adat Istiadat dan kerjasama dengan semua pihak," tegasnya.

Perlu diketahui, Ritual Adat yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut merupakan sumbangsih dari PP -LANP, juga merupakan swadaya masyarakat adat Dayak Deah Desa Busui dan Panitia acara yaitu Sanggar Tari Gintur Kinsai.

Rangkaian acara mulai dari Pembukaan,Pentas Seni Tari, Ritual Adat Belian Ngukas Hajat Bayar Janji Nengkuat Longan Dimo Longan Dimo/Longan Hajat, hingga Penutupan berjalan lancar dan sukses serta luar biasa.
  
"ADIL KATALINO BACURAMIN KA'SARUGA BASENGAT KAJUBATA ARUS, ARUS, ARUS".
***

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER