Kanal

Gandeng Anggota DPR RI Abdul Wahid, Bank Indonesia Riau Gelar Edukasi CBP Rupiah

PANDAU  - Bank Indonesia Perwakilan Riau gencar melakukan edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat. Salahsatunya penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada masyarakat Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Sabtu (1/4/2023).

Kegiatan sosialisasi CBP Rupiah yang dihadiri ratusan ibu-ibu tersebut menggandeng Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Riau Abdul Wahid.

Dalam pembukaan acara, Abdul Wahid menjelaskan perjalanan uang sebagai alat pembayaran resmi dari semula hanya digunakan dengan sistem tunai hingga kini bertransformasi ke digital. 

"Kalau dulu masyarakat menyimpan uang di rumah, di dalam lemari atau dibawah kasur. Kemana-mana mesti membawa uang tunai. Hal itu tentu tidak aman dari tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan atau jambret. Sekarang pembayaran sudah beralih ke digital," ujar Abdul Wahid.

Politisi muda dari Kabupaten Indragiri Hilir itu mengatakan pembayaran secara digitalisasi selain memberikan keamanan kepada masyarakat dalam menyimpan uangnya juga menghindari praktik penggunaan dan peredaran uang palsu di tengah masyarakat.

"Sekarang Bank Indonesia sudah  berinovasi demi keamanan. Dengan sistem pembayaran digital nasabah tidak perlu lagi membawa ATM dan uang tunai kemana-mana, tinggal scan barcode. Itu lebih lebih aman. Karena pelaku kejahatan pemalsuan uang juga canggih-canggih, terkadang sulit membedakan mana yang palsu dan asli," kata Wahid.

Sementara itu, dalam pemaparannya Abiyoga Gibran dari BI Perwakilan Riau, menjelaskan tentang cara menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu cara pembayaran resmi, kepada masyarakat. 

Ia menjelaskan bahwa Cinta Bangga Paham Rupiah ini bertujuan untuk mewujudkan 3 Cinta yakni mengenal, merawat dan menjaga Rupiah. 3 Bangga yaitu simbol kedaulatan, pembayaran yang sah dan pemersatu bangsa. 3 Paham dalam bertransaksi, berbelanja, serta berhemat uang.

Selain mengedukasi masyarakat tentang Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah, Abdul Wahid juga membagikan paket sembako kepada ratusan warga yang hadir. Wahid berharap sembako yang dibagikan tersebut bermanfaat bagi masyarakat yang menerima. Selain sembako dari Abdul Wahid, Bank Indonesia Perwakilan Riau juga membagikan souvernir kepada masyarakat yang aktif dalam sosialisasi.***

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER