Kanal

OPD Baru BRIDA Riau Ditargetkan Terbentuk di 2024

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan membentuk Organisasi Perangkat Baru (OPD) baru, yakni Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Riau.

BRIDA tersebut nantinya akan terpisah dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Riau (Bappeda litbang) Riau dan berdiri sendiri.

"Pembentukan BRIDA Riau masih proses. Sekarang sudah pembahasan oleh panitia khusus (Pansus) DPRD Riau," kata Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setdaprov Riau, Kemal, Selasa (17/10/2023).

Ditargetkan OPD baru BRIDA Riau tersebut sudah bisa dijalankan pada tahun 2024. Untuk itu pihaknya saat ini terus menggesa terkait pembentukan BRIDA Riau.

"Mudah-mudahan bisa terbentuk secepatnya sehingga tahun depan sudah bisa dijalankan. Karena sekarang sudah pembahasan di pansus DPRD Riau. Nanti pansus melakukan studi tur ke beberapa provinsi yang telah membentuk BRIDA," sebutnya.

Lebih lanjut Kemal menjelaskan tugas BRIDA yang akan memanfaatkan serta mengembangkan potensi-potensi atau produk unggulan daerah yang diteliti dan dikembangkan, sehingga bisa menghasilkan dan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

"Jadi nanti BRIDA ini benar-benar melakukan riset terhadap potensi yang ada untuk dikembangkan, dengan menurunkan tim riset yang memenuhi kualifikasi. Sehingga hasil penelitian itu benar-benar bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat," terangnya.

"Kemudian bisa juga melakukan penelitian potensi sumber pendapatan yang selama ini belum tergali sepenuhnya. Jadi fungsi BRIDA ini bukan hanya melakukan penelitian sosial, tapi lebih kepada penelitian potensi daerah yang selama ini belum terkembangkan dengan maksimal," tukasnya.

Ikuti Terus Forum Kerakyatan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER